Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49669
Title: Implementasi Metode Resitasi dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Labschool Kebayoran
Authors: Rifki Alfarisy Arfan
Advisors: Heny Narendrany Hidayati
Keywords: Resitasi,;Metode;PAI
Issue Date: 12-Jan-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan latar belakang, tujuan, persiapan guru, pelaksanaan, serta manfaat pelaksanaan metode resitasi dalam pembelajaran PAI di kelas VIII SMP Labschool Kebayoran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 sampai dengan bulan Mei 2019. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui prosedur cek ulang secara cermat, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang dilaksanakannya metode resitasi dalam pembelajaran PAI adalah atas dasar guru merasa waktu dalam pembelajaran PAI terbilang cukup singkat, sementara materi pelajaran yang cukup banyak. Tujuan dari pelaksanaan metode resitasi ini, agar suasana dalam pembelajaran menjadi aktif. Selain itu siswa menjadi lebih mandiri dalam belajar, menambah pemahaman siswa akan materi, menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap tugas yang dikerjakan. Selanjutnya persiapan yang dilakukan guru dalam pelaksanaan metode resitasi ini adalah dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, tetapi dalam pelaksanaan perencanaan pembelajaran, guru cenderung masih jarang menggunakan metode yang lain. Dan dalam perencanaan pembelajaran ini juga masih ditemukan kekurangan, salah satunya kurang sesuainya RPP pada saat implementasi proses pembelajaran di kelas. Pelaksanaan metode resitasi ini dilakukan guru dengan metode pemberian tugas dengan memberikan tugas terkait materi yang sedang dibahas. Dan pemberian tugas ini dapat dilakukan oleh guru pada awal, pertengahan atau di akhir pembelajaran. Metode resitasi ini secara umum bermanfaat untuk mengaktifkan pembelajaran dan menambah pemahaman siswa terkait materi. Secara lebih spesifik, menurut siswa, siswa merasa lebih rajin belajar dan penambah wawasan pengetahuan. Sedangkan menurut guru dengan metode resitasi ini, siswa menjadi lebih paham dan mengerti tentang materi yang dibahas dan pembelajaran pun menjadi lebih aktif
Description: x, 181
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49669
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Skripsi Rifki Alfarisy Arfan watermark.pdf84.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.