Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49658
Title: (تطبيق التعليم السياقي في تعليم المبتدأ والخبر (دراسة شبه تجريبية بمعهد البركة للتربية الإسالامية تانجيرانج الجنوبية
Authors: Syifa Yunita Sari
Advisors: Syamsul Arifin
N. Lalah Alawiyah
Keywords: Pembelajaran Kontekstual;Pembelajaran Nahwu
Issue Date: 14-Jan-2020
Publisher: Jakarta:FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Nahwu adalah salah satu unsur bahasa Arab yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa Arab. tetapi beberapa pembelajarnya menemukan kesulitan. Dan peneliti juga pernah menemukan kesulitan saat mempelajari Nahwu. Berdasarkan paparan tersebut, peneliti berasumsi bahwa pembelajaran Nahwu khususnya mubtada’ dan khobar membutuhkan inovasi pendekatan pembelajaran yang menarik yang dapat membuat pelajarnya memahaminya dengan baik dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan pembelajaran yang dimaksud adalah Pembelajaran Kontekstual, atau dinamakan juga dengan CTL (Contextual Teaching and Learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk menyingkap kemampuan siswa dalam pembelajaran Nahwu Bab mubtada’ dan khobar sebelum penerapan CTL, dan menyingkap cara penerapan CTL dalam pembelajaran tersebut serta menganalisis pengaruhnya pada siswa kelas 4 Pondok Pesantren Al-Barkah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode semi eksperimen. Peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan rumus mean, kemudian mencari taraf signifikasi perbedaan dan mean dengan menghitung nilai t. Untuk menemukan hasil penelitian, peneliti mengemukakan dua hipotesis penelitianSetelah peneliti membagikan pre-test, peneliti mendapatkan niai rata-rata sebesar 3,7, nilai tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa sebelum diterapkan CTL memiliki kriteria kurang. Kemudian peneliti menerapkan CTL dalam pembelajaran mubtada’ dan khobar dengan beberapa langkah, di antaranya: Siswa menulis Insya Muwajjah yang berjudul "مدرستي "kemudian dianalisis mubtada’ dan khobar-nya, dan juga menganalisis mubtada’ dan khobar dari teks berjudul "العين "dari buku Al-Qiro’ah Ar-Rasyidah. Kemudian setelah peneliti membagikan post-test dan melakukan analisis data, peneliti mengetahui bahwa t hitung (19,02) lebih besar dari t tabel pada taraf signifikasi 5% (2,10) dan1% (2,88), maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa penerapan CTL memiliki pengaruh dalam pembelajaran mubtada’ dan khobar. Dan berdasarkan nilai rata-rata post-test (7,010), peneliti mengetahhui bahwa penerapan CTL telah terbukti pengaruhnya dalam pembelajaran tersebut dengan kriteria ‘baik’.
Description: ي ، 80
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49658
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SKRIPSI SYIFA YUNITAS (SOFT FILE) watermark.pdf11.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.