Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49657
Title: (فعالية استخدام وسيلة بطاقات الاستذكار في تعليم المفردات (دراسة تجريبية في مدرسة رحماء المتوسطة الإسلامية تشيبوتات
Authors: Yulika Arsyh
Advisors: Siti Uriana Rahmawati
Erta Mahyudin
Keywords: Media;Pembelajaran Kosakata;Flash Card
Issue Date: 14-Jan-2020
Publisher: Jakarta:FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Peneliti memilih judul ini karena terdapat masalah yang terkait pada pembelajaran kosakata, diantaranya kurangnya minat siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab, banyak siswa yang belum bisa membaca huruf sambung bahasa Arab, dan ketidakcocokan pemilihan media pembelajaran dengan kebutuhan. Maka dari itu, guru membutuhkan solusi untuk mengatasi masalahmasalah tersebut, diantaranya solusi yang berkaitan dengan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penggunaan media Flash Card dalam pembelajaran kosakata, dan untuk mengungkap hasil belajar siswa serta keefektifan pembelajaran kosakata dengan menggunakan media Flash Card. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Ruhama Ciputat, dan peneliti mengambil sample penelitian pada kelas VII.I yang berjumlah 27 siswa. Peneliti memberikan Pretest untuk mengetahui kemampuan awal mereka dalam pembelajaran kosakata, dan memberikan Posttest untuk mengetahui kemampuan mereka setelah diberikan perlakuan. Dan peneliti mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan tes tulis. Setelah peneliti memberikan Pretest dan Posttest secara tertulis, peneliti memperoleh hasil rata-rata Pretest 66,11 dan hasil rata-rata Posttest 81,44. Dari hasil kedua tes tulis tersebut, kemudian peneliti menganalisis data menggunakan Test “t” dan memperoleh hasil (t0) 12,49 lebih besar dari (tt) 2,06 pada taraf 5%. Hal ini menerangkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media Flash Card memiliki perbedaan yang signifikan dan efektif untuk pembelajaran kosakata bahasa Arab.
Description: ي، 53
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49657
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SKRIPSI PBA (Yulika Arsyh) watermark.pdf11.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.