Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49656
Title: استخدام نموذج سكرامبل في تعليم المفردات لدى تلاميذ في مدرسة مفتاح الجنة المتوسطة الإسلامية تانجيرانخ
Authors: Livia Anggraeni
Advisors: N. Lalah Alawiyah
Maswani
Keywords: Model Scramble;pembelajaran kosakata
Issue Date: 14-Jan-2020
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Peneliti memilih judul ini karena alasan-alasan,diantaranya kurangnya penguasaan siswa terhadap kosakata, lemahnya minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab karena mereka menganggap Bahasa Arabitusulit, kurangnya inovasi guru dalam penggunaan model,mediadan strategi dalam penyajian maeteri, dan kurangnya Fasilitas yang menunjang proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapproses pembelajaran kosakata dengan menggunakan model scramble, mengungkap perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa terhadap kosakata dengan menggunakan model scramble kelas VII dan kemampuan siswa terhadap kosakata tanpa menggunakan model scramble, mengungkap pengaruh penggunaan model scramble terhadap kemampuan kosakata.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen. Adapun sampel data dari penelitian ini berjumlah 66 siswa dari kelas 7 MTs Miftahul Jannah Tangerang yang seluruhnya berjumlah168siswa. Peneliti mengadakan pre-test untuk megetahui kemampuan awal mereka dalam pembelajaran kosakata, dan post-test untuk mengetahui kemampuan mereka terhadap kosakata setelah selesainya pembelajaran menggunakan model scramble. Dan penelitian menggunakan Test “t” untuk mengetahui pengaruh penggunaan model tersebutdalam pembelajaran kosakata disekolah. Setelah menganalisis data, peneliti memperoleh skor rata-rata dari kelompok eksperimen 80,75dan hasil rata-rata dari kelompok kontrol 71,36. Setelah perhitungan, hasil (to) 4,6dan hasil (tt) 1,66. Maka hasil to lebih besar dari tt. Hal ini menerangkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model scramble dalam pembelajaran kosakatasiswadisekolah ini berpengaruhpada kemampuan kosakata.
Description: ط، 50
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49656
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SKRIPSI OLIV (watermark).pdf18.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.