Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49629
Title: KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB BIDAYATUL HIDAYAH
Authors: Ardiyansyah Permana
Advisors: akhmad Shodiq
Keywords: Konsep;Pendidikan;Akhlak;Imam al-Ghazali; Bidayatul Hidayah
Issue Date: 12-Dec-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep dan metodePendidikan akhlak yang ada didalam kitab Bidayatul Hidayah yang ditulis oleh al-Ghazali. Penelitian ini memberikansolusi untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan akhlak baik di lingkungan sekolah seperti pelecehan seksual, kekerasan , maupun masyarakat. Dan juga memberikan informasi pengetahuan kepada instansi pendidikan dalam penanaman akhlak mulia terhadap anak bangsa.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pemaparan deskriprif analisis yang menggunakan teknik analisis kajian melalui studi kepustakaan (LibraryResearch). Menggunakan teknik pengumpulan data dengan menelaah sumber-sumber pustaka yang relevan seperti jurnal, buku-buku pendidikan, akhlak tasawuf, khususnya kitab Bidayatul Hidayah karya Imam al-Ghazali. Sedangkan analisis yang digunakan pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan Content Analysis (analisis isi atau kajian). Yaitu, metode yang menggunakan teknik sistematik untuk menganalisis isi data dan mengkaji data.Hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan beberapa konsep dan metode sebagai berikut, konsep pendidikan akhlak dalam aspek ketaatan kepada Allah di antaranya niat baik dalam mencari ilmu, mengawali hari dengan mengingat Allah, mengingat Allah dalam setiap perbuatan, memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, adab melaksanakan shalat, dan adab berpuasa. Kemudian konsep pendidikan akhlak pada aspek menjauhi larangan Allah dengan menjaga mereka dari kemaksiatan secara lahir dan batinnya. Terakhir konsep pendidikan akhlak dalam aspek menjaga pergaulan dengan Allah dan sesama makluk, seperti sopan santun bermunajat kepada Allah, sopan santun seorang pendidik, sopan santun seorang peserta didik terhadap pendidik, sopan santun terhadap orang tua, perihal memilih sahabat, dan tata cara bergaul dengan orang yang baru dikenal. Dan dalam penelitian ini juga ditemukan metode pendidikan akhlak, seperti: Metode Targhib dan tarhib, pembiasaan diri, dialog, nasehat, kisah dan perumpamaan.
Description: xii, 99
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49629
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Skripsi Ardiyansyah Permana FIX WATERMARK - Copy.pdf22.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.