Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49606
Title: PENGARUH MODEL COOPERATIVE PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL MATEMATIS
Authors: Anita Amelia
Advisors: Tita Khalis Maryati
Dindin Sobiruddin
Keywords: Model Cooperative Problem Based Learning;Berpikir Komputasional Matematis;Kuasi Eksperimen
Issue Date: 10-Jan-2020
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Model Cooperative Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir komputasional matematis. Sampel penelitian ini terdiri dari 20 peserta didik kelas eksperimen (Model Cooperative Problem Based Learning) dan 23 peserta didik kelas kontrol (Pembelajaran Konvensional) di MTs Islamiyah Ciputat pada tahun 2019/2020. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian randomize kontrol group post test only design. Pemilihan kelas diperoleh dengan teknik cluster random sampling pada peserta didik kelas VIII dengan pokok bahasan pola bilangan. Indikator kemampuan berpikir komputasional matematis yang diukur dalam penelitian ini adalah decomposition, abstraction, algorithm, generalization, dan debugging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir komputasional matematis peserta didik dengan menggunakan Model Cooperatve Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diharapkan mampu memberikan perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran dengan menerapkan model cooperative problem based learning dalam mengembangkan kemampuan berpikir komputasional matematis.
Description: vi, 186
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49606
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Anita Amelia 11150170000016.pdf46.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.