Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49580
Title: STUDI META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Authors: Manapiah Anadiroh
Advisors: Kadir
Yanti Herlanti
Keywords: problem based learning;teknik meta-analisis;effect size;hasil belajar Biologi
Issue Date: 18-Nov-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pembelajaran Biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif terhadap analisis hasil publikasi penelitian ilmiah pada e-jurnal nasional. Pengaruh penelitian-penelitian yang menerapkan pembelajaran PBL dianalisis dengan teknik meta-analisis. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan penelitianpenelitian yang dilakukan berpengaruh dan efektif terhadap hasil belajar Biologi peserta didik dengan effect size 0.316 atau dalam kategori efek besar. Model Problem Based Learning (PBL) pun memberikan pengaruh dan efektif dilihat dari segi wilayah, jenjang pendidikan, dan penerapan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, metakognitif, kemampuan pemecahan masalah, keterampilan proses sains, dan kemampuan literasi sains. Simpulan penelitian ini adalah bahwa model Problem Based Learning (PBL) lebih efektif meningkatkan kemampuan berpikir pada pelajaran Biologi dibandingkan dengan model pembelajaran lain dari studi ini
Description: xiii, 65
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49580
Appears in Collections:Skripsi



Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.