Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49577
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA KONSEP FUNGI
Authors: Dian Akhyarini
Advisors: Yanti Herlanti
Yuke Mardianti
Keywords: Literasi sains;Predict-Observe-Expalin (POE)
Issue Date: 21-Oct-2019
Publisher: Jakarta:FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: ABSTRAK Dian Akhyarini (11140161000044): Pengaruh Model Pembelajaran PredictObserve-Explain (POE) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Konsep Fungi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 90 Jakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 di kelas X (sepuluh) pada konsep jamur. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling dimana siswa telah terkumpul dalam satu kelas. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA 1 dan kelas X IPA 4, masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal uraian dan pilihan ganda yang telah disesuaikan dengan indikator literasi sains Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2015. Pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan model POE sedangkan di kelas kontrol menggunakan pendekatan saintifik. Analisis data kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan uji statistik Mann Whitney dengan bantuan SPSS 23. Hasil yang didapatkan menunjukkan nilai sig(2-tailed) 0,000 lebih kecil dari pada α (0,05) maka artinya H0 ditolak. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan literasi sains antara kelas yang menggunakan model POE dengan yang menggunakan pendekatan saintifik. Pembelajaran dengan model POE dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik lebih tinggi dari pada jika hanya menerapkan pendekatan saintifik. Kata kunci : Literasi sains, Predict-Observe-Expalin (POE), Fungi
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49577
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DIAN AKHYARINI_SKRIPSI_watermark.pdf15.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.