Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49571
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM SIRKULASI
Authors: Annisa Fitri
Advisors: zulfani
yuke mardiyati
Keywords: Keterampilan Metakognitif, Inkuiri Bebas, Sistem Sirkulasi
Issue Date: 28-Oct-2019
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 8 Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian bersifat kuantitatif yaitu quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner Metacognitive Skill Scale (MSS) yang diadaptasi dari altindag , lembar observasi aktivitas siswa, guru dan lembar kerja peserta didik (LKPD). Analisis data pre-post questionnaire menggunakan uji Mann-Whitney. Hal ini dapat dilihat dari nilai probabilitas (Sig.) dari 27 item kuesioner keterampilan metakognitif peserta didik menunjukkan p=0,003< α= 0.05. Hasil tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh keterampilan metakognitif yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Description: ix, 72
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49571
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SKRIPSI ANNISA FITRI 11140161000025 - WATERMARK.pdf6.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.