Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49515
Title: PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS V DI SD NEGERI SERUA INDAH 02
Authors: Ayu Fauziah
Advisors: Tri Suryaningsih
Keywords: Pendekatan Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual),;Keterampilan Berpikir Kreatif.
Issue Date: 27-Dec-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan penulisan ini untuk menganalisis pengaruh pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Serua Indah 02 kelas V, Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yakni eksperimen semu dengan desain penelitian Two Group Randomized Posttest Only Control Design. Sampel penelitian sebanyak 60 peserta didik yang terdiri dari 30 peserta didik kelas eksperimen dan 29 peserta didik kelas kontrol. Pengumpulan data kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan instrument tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. kemampuan berpikir kreatif yang diteliti pada penelitian ini meliputi berpikir lancar (fluency), berpikir luwes (flexibility) dan berpikir orisinil (originality). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai ratarata kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) sebesar 61, 87% sedangkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang tidak mengunakan pendekatan SAVI sebesar 50,50%. Dengan demikian, penggunaan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi IPA.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49515
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Ayu Fauziah_11150183000072 (PT).pdf2.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.