Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49381
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Nurul Falah Pondok Ranji
Authors: Anis Fathia Rizqi
Advisors: Dr. Khalimi, M. Ag
Rohmat Widiyanto
Keywords: kemampuan berpikir kritis;Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square
Issue Date: 27-Dec-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: ABSTRAK Anis Fathia Rizqi (11150183000080), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Nurul Falah Pondok Ranji. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe word square terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MI Nurul Falah Pondok Ranji. Kemampuan berpikir kritis mengacu kepada indikator berpikir kritis menurut Ennis, yaitu: memberi alasan, mengidentifikasi suatu keputusan/pendapat, memberi penjelasan lebih lanjut, dan dan merumuskan langkah-langkah penyelesaian. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Falah pada bulan Agustus – September 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design. Desain ini hampir sama dengan pretest – posttest control group design, namun pada desain ini kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik putpodive sampling sampel penelitian kelas IV Imam Muslim (Kelas Eksperimen) berjumlah 34 siswa dan kelas IV Imam Bukhori (Kelas Kontrol) berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa uraian terbuka (bebas) kemampuan berpikir kritis siswa berjumlah 6 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dengan teknik Shapiro Wilk. Uji homogenitas dengan menggunakan One Way Anova. Kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata 5% diperoleh nilai signifikansi 0,003 yang bernilai kurang dari α = 0,05 dan berdasarkan hasil perhitungan uji pengaruh dengan menggunakan effet size calculator dengan nilai 0,750 maka disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe word square berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MI Nurul Falah. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square, Kemampuan Berpikir Kritis.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49381
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Anis Fathia Rizqi_11150183000080 (PT).pdf1.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.