Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49223
Title: META-ANALISIS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI
Authors: Putri Utami
Advisors: Kadir
Yanti Herlanti
Keywords: meta-analisis;model pembelajaran kooperatif;effect size;pembelajaran Biologi;hasil belajar Biologi
Issue Date: 18-Nov-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap pembelajaran Biologi siswa. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu review naratif atau review sistematik dengan menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap pembelajaran Biologi. Sampel analisis adalah lima belas jurnal nasional terakreditasi minimal sinta-3 yang diterbitkan pada rentang tahun 2010-2019 pada jenjang SMP dan SMA, yang membahas penulisan eksperimen penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap pembelajaran Biologi. Instrumen penulisan berupa lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi jurnal. Berdasarkan analisis nilai pengaruh secara keseluruhan didapatkan nilai rata-rata besar pengaruh sebesar 0,30 yang berarti dalam kategori efek besar. Temuan analisis juga menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif memberikan pengaruh dan efektif dilihat dari segi jenjang pendidikan, wilayah, variabel terikat, dan jenis metode yang digunakan. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif lebih efektif digunakan dalam pembelajaran Biologi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam studi ini.
Description: xiii, 66
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49223
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Meta-Analisis 20-01-10.pdf6.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.