Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49103
Title: Strategi Pembelajaran Al-Qur'an pada Anak Tunarungu di SLB Negeri Bekasi Jaya
Authors: Siti Nurjannah
Advisors: Abdul Ghofur
Keywords: Strategi Pembelajaran;Al-Qur'an
Issue Date: 5-Dec-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui dan menganalisis pemakaian strategi pembelajaran al-Qur’an kepada siswa tunarungu di SLB Negeri Bekasi Jaya; 2) untuk mengetahui dan menganalisis faktor pendukung keberhasilan serta kendala pembelajaran al-Qur’an bagi siswa tunarungu di SLB Negeri Bekasi Jaya; 3) untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pembelajaran al-Qur’an bagi siswa tunarungu di SLB Negeri Bekasi Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan hal dan kegiatan strategi pembelajaran al-Qur’an pada anak tunarungu di SLB Negeri Bekasi Jaya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dimulai dengan menganalisis data sebelum ke lapangan, kemudian menganalisis data selama di lapangan dengan tahapan: 1) mereduksi data dengan mencatat atau merekam data yang didapat di lapangan; 2) menyajikan data dengan uraian deskriptif atau teks naratif; 3) menyimpulkan data dengan mengolah data yang didapat dan menarik kesimpulan secara garis besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan yakni strategi ekspositori atau strategi pembelajaran verbal. Metode pembelajaran yang digunakan sebagian besar metode ceramah (percakapan). Faktor pendukung pembelajaran al-Qur’an di SLB Negeri Bekasi Jaya yakni: 1) adanya tenaga pendidik yang kompeten; 2) adanya program Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama (BKPBI); 3) adanya ruangan BKPBI. Terdapat pula faktor penghambat pembelajaran al-Qur’an diantaranya kurangnya tenaga pendidik yang kompeten, tidak adanya buku siswa mata pelajaran PAI, kurangnya kegiatan bertema alQur’an yang bersifat perlombaan di sekolah
Description: vi, 70
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49103
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SITI NURJANNA-FITK.pdf14.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.