Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49095
Title: Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Riyāduşşālihῑn
Authors: Apif Subarkah
Advisors: Dimyati
Keywords: Kata kunci : Konsep; Pendidikan; Akhlak, Riyāduşşālihῑn
Issue Date: 18-Dec-2019
Publisher: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dalam kitab Riyāduşşālihῑn yang ditulis oleh Syāikh Abu Zakariā Muhyuddῑn An-Nawāwῑ. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode library reserch atau penulisan berdasarkan literature dan metode studi dekomentasi. Studi dokumentasi merupakan kajian yang menitik beratkan pada analisis atau interpretasi bahan tertulis berdasarkan konteks, yaitu menggunakan sumber primer berupa kitab Riyāduşşālihῑn dan buku sekunder yang menjadi pendukung dalam penelitian ini, informasi yang terdapat diperpustakaan dan informasi lainnya, Dalam analisis data menggunakan analisis isi (conten analysis), merupakan cara yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan kandungan isi pesan yang dilakukan dengan objektif dan sistematis agar mendapatkan formulasi yang kongkrit dan memadai sehingga dapat menjadi kesimpulan yang menjawab rumusan masalah. Prosedur penelitiannya yaitu: peneliti mencari kitab Riyāduşşālihῑn yang ditulis oleh Syāikh Abu Zakariā Muhyuddῑn An-Nawāwῑ kemudian membacanya dan menemukan poin-poin terpenting tentang akhlak, selanjutnya, dan terakhir, peneliti menelaahnya untuk menjawab permasalahan yang dibahas, yakni mengenai konsep pendidikan akhlak terhadap diri sendiri dan akhlak terhadap masyarakat dalam kitab Riyāduşşālihῑn karya Syāikh Abu Zakariā Muhyuddῑn An-Nawāwῑ Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan. Bagaimana konsep pendidikan akhlak terhadap diri sendiri dan akhlak terhadap masyarakat dalam kitab Riyāduşşālihῑn karya Syāikh Abu Zakariā Muhyuddῑn An-Nawāwῑ ? Melalui analisis induktif dihasilkan beberapa poin. Pertama, Akhlak kepada diri sendiri, dalam pembahasan akhlak kepada diri sendiri penulis membahas akhlak yaitu: Mendidik anak agar tidak bercanda ketika makan dan mengucapkan Basmallah, makan dengan menggunakan tangan kanan, mendidik anak agar dalam pembicaraannya terdapat kebaikan, mendidik anak ketika berpakaian memakai pakaian yang sederhana, mendidik anak ketika tidur dan bangun tidur selalu mengingat Allah, mendidik anak ketika bertemu mengucapkan salam, berprilaku jujur, mendidik anak ketika dipercaya agar bersikap. Kedua, pada penelitian ini, Akhlak dalam bermasyarakat penulis membahas poin-poin akhlak yaitu : Mendidik anak agar menjaga sopan santun dalam perkumpulan, mendidik anak untuk meninggalkan perdebatan yang bersifat Mudharat, ketika memberi teguran berikan teguran yang bersifat motivasi, ketika memberi nasihat ia juga harus melakukannya, ketika bertemu dengan saudara semuslim dengan berwajah ceria dan mengucapkan salam. Banyak pembelajaran yang dapat diambil dari kitab tersebut, terlebih mengenai bagaimana pendidikan akhlak terhadap diri sendiri dan masyarakat, sehingga seseorang memiliki akhlak yang baik atau dapat dikatakan dengan akhlakul karimah. Kitab Riyāduşşālihῑn dapat dijadikan rujukan bagi peserta didik atau pendidik dan umat muslim pada umumnya dalam pendidikan akhlak. Kata kunci : Konsep; Pendidikan; Akhlak, Riyāduşşālihῑn
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49095
Appears in Collections:Buku (Bab atau Keseluruhan)

Files in This Item:
File SizeFormat 
APIF SUBARKAH-FITK.pdf5.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.