Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49080
Title: تحليل الأخطاء الإملائية في الكتاية الآلية لدى تلاميذ الصف الثامن بمدرسة الهداية المتوسطة الإسلامية ديبوك
Authors: Khoiriah Amna
Advisors: Syamsul Arifin
N. Lalah Alawiyah
Keywords: Kesalahan Tulisan;Menulis Mekanik
Issue Date: 17-Dec-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini menjelaskan tentang kesalahan tulisan dalam menulis mekanik, karena banyak ditemukannya kesalahan siswa dalam menulis mekanik. Seperti halnya menulis Hamzah wasl dan Hamzah qath’, penulisan huruf yang tidak dapat disambung kecuali dengan huruf sebelumnya, penulisan Alif lam Qomariyah dan Alif lam Syamsiah, penulisan kalimat yang diakhiri dengan Ta’ Marbutoh dan Ta’ Maftuhah, penulisan kalimat yang diakhiri tanwin, dan penulisan huruf yang berdekatan makhrojnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui macam-macam kesalahan penulisan yang dilakukan siswa, mengetahui kesalahan penulisan yang paling sering dilakukan siswa, dan mengetahui penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, langkah penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data terlebih dahulu, yaitu dengan melakukan observasi secara langsung kegiatan belajar Bahasa Arab siswa, kemudian siswa diberikan tes imla’. Setelah itu peneliti menganalisis hasil tes siswa untuk mengetahui macam-macam kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) macam-macam kesalahan penulisan yang dilakukan siswa adalah dalam membedakan huruf yang dapat disambung dengan huruf yang tidak dapat disambung, membedakan ta’ marbutoh dan ta’ maftuhah, siswa juga masih menulis tanwin dengan nun, dan penulisan alif lam qomariyah dan alif lam syamsiyah, 2) kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah dalam penulisan alif lam qomariyah dan alif lam syamsiyah, 3) adapun penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa yaitu mayoritas siswa pada kelas tersebut adalah lulusan SD yang mana kurang dalam mempelajari Bahasa Arab, kurangnya pemahaman siswa dalam membedakan huruf yang dapat disambung dan tidak dapat disambung, kurangnya motivasi dalam diri siswa dalam menulis huruf dan kata dalam Bahasa Arab, dan kurangnya latihan menulis siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu; siswa belum memahami dan belum mampu menulis huruf dan kata Bahasa Arab dengan benar; kurangnya latihan dalam menulis huruf dan mendengar serta membaca kata berbahasa Arab; pembelajaran bahasa arab di sekolah tersebut belum efektif, terutama dalam menulis, disebabkan karena kurangnya motivasi dalam diri siswa dalam menulis huruf dan kata dalam Bahasa Arab.
Description: و، 59
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49080
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
KHOIRIAH AMNA_11150120000026__FITK.pdf15.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.