Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49070
Title: Pengaruh permainan tradisional terhadap kemampuan motorik kasar anak di tk kelompok b madrasah pembangunan (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelompok B TK Madrasah Pembangunan)
Authors: Reyna Damayanti Safitri
Advisors: Miratul Hayati
Yubaedi Siron
Keywords: Permainan tradisional;kemampuan motorik kasar;engklek;lompat tali.
Issue Date: 13-Dec-2019
Publisher: Jakarta : FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak di TK Kelompok B Madrasah Pembangunan. Penelitian ini dilakukan di TK Madrasah Pembangunan Pamulang Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah 41 siswa yang terdiri dari 20 siswa untuk kelompok eksperimen 1 dan 21 siswa untuk kelompok eksperimen 2. Teknik pengumpulan data berupa instrumen non tes kemampuan motorik kasar anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis yakni Paired Sample t-Test dapat dilihat bahwa taraf sig. (2-tailed) sebesar 0,000, dengan 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Rata-rata kemampuan motorik kasar anak dengan menggunakan permainan tradisional engklek lebih tinggi (80,85) dari rata-rata kemampuan motorik kasar anak dengan menggunakan permainan tradisional lompat tali (78,81).” Dengan demikian, permainan tradisional berpengaruh terhadap kemampuan motorik kasar anak di TK Kelompok B Madrasah Pembangunan.
Description: xi, 80
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49070
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
REYNA DAMAYANTI SAFITRI-FITK.pdf2.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.