Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49059
Title: Evaluasi Pelayanan Bimbingan Manasik Haji Di Mihrab Qolbi Travel Tahun 2016
Other Titles: --
Authors: Muhammad Reza
Advisors: Mulkanasir,H
Keywords: Evaluasi;Pelayanan dan Manasik Haji
Issue Date: 19-Jul-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: ABSTRAK Muhammad Reza NIM 1113053000027 Di Bawah Bimbingan Drs. H. Mulkanasir, BA. S.Pd, MM. Evaluasi Pelayanan Bimbingan Manasik Haji di Mihrab Qolbi Travel Tahun 2016. Menunaikan ibadah haji adalah sunnah Rosululloh saw. Dalam pelaksanaannya kadang terbentur berbagai kendala, diantaranya minimnya pengetahuan, pertimbangan biaya dan tata-cara melaksanakan ibadah haji. Sehingga bagi para calon jema'ah haji diperlukan bekal yang cukup serta bagaimana tata-cara dalam ibadah haji. Untuk dapat melaksanakan ibadah haji dengan benar dan baik, maka seseorang harus mengerti memahami cara-cara pelaksanaanya, tujuanya, dan kandungan makna yang terdapat dalam ibadah haji tersebut. Itulah yang kemudian disebut dengan ilmu manasik haji dan umroh. Ibadah haji itu hukumnya wajib bagi yang telah memenuhi syarat-syarat wajib haji, maka ia harus mengetahui ilmu yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji, agar hajinya diterima oleh Allah Ta'ala. Mengingat betapa pentingnya ilmu manasik haji dan umroh ini bagi calon jemaah haji, maka mempelajari ilmu manasik haji dan umroh hukumnya wajib. Mihrab Qolbi adalah salah satu lembaga keagamaan yang terjun dalam bidang bimbingan haji, yang dalam pelaksanaannya harus benar-benar amanah dan tidak menyimpang dari peraturan-peraturan yang berlaku. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana regulasi pelayanan bimbingan manasik haji, bagaimana pelayanan pembinaan bimbingan manasik haji di Mihrab Qolbi Travel dan bagaimana hasil evaluasi pelayanan bimbingan manasik haji di Mihrab Qolbi Travel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) untuk mengetahui regulasi pelayanan bimbingan manasik haji, (2) untuk mengetahui pelayanan bimbingan manasik haji di Mihrab Qolbi Travel, dan (3) untuk mengetahui hasil evaluasi bimbingan manasik haji di Mihrab Qolbi Travel. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa interview, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian penulis, ternyata Mihrab Qolbi Travel telah melakukan evaluasi terhadap bimbingan manasik haji yang diberikan Mihrab Qolbi kepada para calon jamaah haji. Evaluasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi. Selain itu agar dapat memberikan bekal serta pengetahuan kepada calon jamaah haji dalam menjalankan ibadah hajinya. Karena ibadah haji adalah ibadah yang sangat sakral (suci) sehingga dibutuhkan pengetahuan serta kemampuam selama menjalankan semua kegiatan ibadah haji agar dapat beribadah dengan baik dan benar sesuai tuntunan Allah SWT serta Nabi Muhammad SAW. Kata Kunci: Evaluasi, Pelayanan dan Manasik Haji
Description: x, 59 hlm,; 29 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49059
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
MUHAMMAD REZA-FDK.pdf4.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.