Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48725
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Kelas II MI Al-Mursyidiyyah Al-Syafi'iyyah, Pondok Benda, Pamulang Barat
Authors: Indah Maulida Agustini
Advisors: Dindin Ridwanudin
Issue Date: 21-Nov-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: ABSTRAK INDAH MAULIDA AGUSTINI (NIM: 11150183000053). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1. Skrispi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 kelas II. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Mursyidiyyah Al-Syafi’iyyah tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Masing-masing sampel pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 33 siswa.pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari hasil posttest yang menggunakan soal matching test (tes menjodohkan) dengan jawaban yang sudah tersedia yang berjumlah 25 soal. Proses analisis data pada kedua kelas menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 20,0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tema 1 kelas II yang diajarkan menggunakan model pembelajaran scramble lebih tinggi daripada nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tema 1 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 86,00 > 74,48. Kemudian pada uji-t dari nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan program SPSS 20,0 diperoleh nilai 0,00 < 0,05 yang mengartikan bahwa Ho ditolak. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 kelas II MI Al-Mursyidiyyah Al-Syafi’iyyah, Pondok Benda, Pamulang Barat. Kata Kunci: Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48725
Appears in Collections:Buku (Bab atau Keseluruhan)

Files in This Item:
File SizeFormat 
INDAH MAULIDA AGUSTINI-FITK.pdf2.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.