Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48698
Title: Hubungan Berpikir Kreatif dengan Kreativitas Siswa dalam Membuat Media Pembelajaran Biologi dari Barang Bekas dalam Pembelajaran Konsep Sel dengan PJBL
Authors: Delsa Ade Putri
Advisors: Nengsih Juanengsih
Keywords: Kemampuan Kreativitas Membuat Media
Issue Date: 21-Oct-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Hubungan Berpikir Kreatif Dengan Kreativitas Siswa Dalam Membuat Media Pembelajaran Biologi Dari Barang Bekas Dalam Pembelajaran Konsep Sel Dengan PJBL. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat korelasi antara berpikir kreatif dengan kreativitas siswa dalam membuat media belajar biologi dari barang bekas. Penelitian ini dilakukan di MAN 4 Bogor Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional, sedangkan jenis penelitiannya yakni penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Adapun yang menjadi sampel atau subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 berjumlah 23 orang. Kemampuan berpikir kreatif siswa diukur dengan menggunakan tes tertulis berupa soal uraian terbuka, sedangkan kreativitas siswa diukur dengan menggunakan lembar penilaian rancangan produk dan produk jadi yang telah dibuat. Instrumen yang digunakan dilengkapi dengan rubrik kemampuan berpikir kreatif dan kreativias, kemudian ditafsirkan dengan kategori sangat baik, baik, cukup, kurang, dan kurang sekali. Selanjutnya nilai korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dengan kreativitas siswa dalam membuat media diperoleh dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 69,3 yang termasuk dalam kategori baik, sedangkan untuk kreativitas diperoleh skor rata-rata sebesar 57,3 yang termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antara berpikir kreatif dengan kreativitas diperoleh nilai korelasi sebesar 0,304 yang jika ditafsirkan terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kreatif siswa dengan kreativitas siswa dalam membuat media, namun korelasi itu adalah korelasi yang lemah dan tidak signifikan. Kata kunci: Berpikir Kreatif, Kreativitas, Tes Tertulis, Merancang Produk, Produk Jadi.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48698
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
DELSA ADE PUTRI-FITKpdf8.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.