Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48641
Title: Pengembangan Media Komik Digital Menggunakan Pixton Disertai Quiz (Kahoot) pada Konsep Sistem Gerak
Authors: Khilda Maulida Nur Hidayah
Advisors: Baiq Hana Susanti
Eny Supriyati Rosyidatun
Keywords: Media Komik Digital;Quiz;Sistem Gerak;Development Research
Issue Date: 28-Oct-2019
Publisher: Jakarta:FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Khilda Maulida Nur Hidayah. 11140161000035. Pengembangan Media Komik Digital Menggunakan Pixton Disertai Quiz (Kahoot) pada Konsep Sistem Gerak. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital menggunakan Pixton disertai quiz yang layak, memberi alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan peserta didik dan guru, serta mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap media yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah development research dari Jan van Den Akker dengan 3 (tiga) tahapan, yakni penelitian pendahuluan, tahap prototipe, serta refleksi sistematik dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 45 peserta didik yang diambil dari dua sekolah: XI MIPA 4 (SMAN 3 Tangerang Selatan), XI MIPA 3 (SMAN 3 Tangerang Selatan), dan XI MIPA 2 (SMAN 6 Tangerang Selatan). Teknik pengambilan sampel ditentukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes (pilihan ganda) yang telah divalidasi dan non tes (angket, dan wawancara). Instrumen angket penilaian produk diberikan kepada sembilan orang ahli, sedangkan instrumen angket respon dan instrumen tes diberikan kepada 45 peserta didik (evaluasi satu lawan satu, evaluasi kelompok kecil, dan uji lapangan). Hasil penelitian ini adalah terbentuknya sebuah produk berupa media komik digital disertai quiz yang dinilai sangat layak digunakan dengan rerata persentase ahli materi sebesar 87,89% dan rerata persentase ahli media pembelajaran sebesar 87,90%. Pada evaluasi satu lawan satu, media dinilai baik dengan rerata persentase sebesar 78%, uji coba kelompok kecil dinilai sangat baik dengan rerata persentase sebesar 83%, dan pada uji lapangan dinilai sangat baik dengan rerata persentase sebesar 87%. Bebagai analisis data menunjukkan bahwa media komik digital menggunakan Pixton disertai quiz (Kahoot) ini layak, dapat dijadikan sebagai media alternatif dan mendapat respon positif dari peserta didik dan guru.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48641
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
KHILDA MAULIDA NUR HIDAYAH-FITK.pdf2.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.