Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48600
Title: Pengaruh Pelayanan Pendaftaran Haji Terhadap Kepuasan Calon Jamaah Haji Di Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan
Other Titles: --
Authors: Nur Solekhatun Maryam
Advisors: Muammar Aditya
Keywords: Pelayanan;Kepuasan Jamaah;Jamaah Haji
Issue Date: 29-Aug-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Dalam sebuah perusahaan pelayanan yang baik sangatlah dibutuhkan, terutama perusahaan pelayanan jasa yang melayani jumlah orang yang cukup banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan secara simultan terhadap kepuasan jamaah Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan. Serta untuk mengetahui variable mana dari Pelayanan yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan jamaah haji. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif, dengan mengambil sampel dari satu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengukuran data yang pokok. Sampel penelitian ini yaitu jamaah yang mendaftar haji di Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan sebanyak 94 responden. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yaitu metode yang berusaha mencari gambaran menyeluruh tentang data, fakta, peristiwa sebenarnya mengenai objek penelitian. Dan untuk analisis data penelitian ini menggunakan uji-f, uji-t, uji regresi linier berganda, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis, belum terdapat pengaruh yang signifikan antara variable ketanggapan, keandalan, dan keyakinan terhadap kepuasan jamaah dan belum menunjukkan nilai parameter yang memenuhi nilai kelayakan yang disyaratkan sehingga hipotesis ini belum diterima. Variable empati dan bukti fisik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan yaitu, 0.000 < 0.05 (nilai taraf signifikannya) terhadap kepuasan jamaah sehingga hipotesis ini diterima. Variable ketanggapan, keandalan, dan keyakinan tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan jamaah, namun dengan adanya kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak Kementerian Agama dapat mempengaruhi kepuasan jamaah haji Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan. Kata Kunci : Pelayanan, Kepuasan Jamaah, Jamaah Haji
Description: ix, 87 hlm,: 26cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48600
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NUR SOLEHATUN MARYAM-FDK.pdf3.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.