Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48431
Title: Pengaruh penyesuaian diri di sekolah, keberfungsian keluarga dan jenis kelamin terhadap perilaku perundungan pada siswa SMA
Authors: Fitri Rachmawati Amalia
Advisors: Ilmi Amalia
Keywords: penyesuaian diri;jenis kelamin;perilaku perundungan;siswa SMA
Issue Date: 6-Aug-2019
Publisher: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penyesuaian diri di sekolah, keberfungsian keluarga dan jenis kelamin terhadap perilaku perundungan pada siswa SMA. Penelitian ini juga ditujukan untuk menguji pengaruh masing – masing variabel bebas yaitu penyesuaian diri di sekolah (goal orientation, school spirit, child peer relations, child teacher relations, alienation), keberfungsian keluarga (family cohesion dan family adaptability) dan jenis kelamin terhadap perilaku perundungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Populasi merupakan 316 siswa SMA Negeri 29 Jakarta. Dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling. Penulis mengadaptasi dan memodifikasi alat ukur dari Olweus Bully/Victim Questionnaire, School adjustment survey (SAS), dan Family Adaptability And Cohesion Evaluation Scales (FACES-II) yang validitasnya diuji dengan validitas konstruk menggunakan CFA (Confirmatory Factor Analysis). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian diri di sekolah, keberfungsian keluarga, dan jenis kelamin memberikan pengeruh yang signifikan terhadap perilaku perundungan. Hasil penelitian juga menunjukkan proporsi varians dari perilaku perundungan yang dijelaskan oleh seluruh variabel independen adalah 18,2% sedangkan 81,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penyesuaian diri di sekolah, keberfungsian keluarga dan jenis kelamin terhadap perilaku perundungan. Saran untuk penelitian kepada orang tua dan keluarga agar membentuk komunikasi dan hubungan yang lebih baik dengan anak maupun pihak sekolah. Penulis berharap implikasi dari hasil penelitian ini dapat dikembangkan pada penelitian selanjutnya.
Description: xiii, 107 hlm.; 29 cm.
metadata.dc.description.uri: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/submit?resume=32716
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48431
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
FITRI RACHMAWATI AMALIA-FPSI.pdf2.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.