Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48409
Title: Penentuan gen data microarray kanker payudara menggunakan metode support vector machine recursive feature elimination
Authors: Heryanti Dewi Febriyaningtyas
Advisors: Taufik Edy Sutanto
Muhammad Manaqib
Keywords: Data microarray;Gen kanker payudara;Seleksi fitur;Support Vector Machine Recursive Feature Elimination (SVM-RFE)
Issue Date: 5-Nov-2019
Publisher: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Kanker payudara adalah salah satu penyakit kanker mematikan di dunia. Diagnosa dini penyakit kanker payudara diperlukan agar penyakit kanker dapat ditangani dengan baik. Penelitian ini menggunakan data microarray untuk mendiagnosa penyakit kanker payudara. Sebelum proses analisa data dilakukan normalisasi data menggunakan min-max normalization. Data microarray kanker payudara yang digunakan memiliki 22283 fitur. Fitur tersebut terdiri dari gen-gen yang terdapat dalam tubuh manusia. Semua fitur memungkinkan tidak memberi pengaruh signifikan terhadap data sehingga perlu dilakukan proses seleksi fitur. Proses seleksi fitur menggunakan metode Support Vector Machine-Recursive Elimination (SVM-RFE) dan digunakan sebagai masukan untuk membangun sebuah model menggunakan metode Support Vector Machine (SVM). Dalam penelitian ini juga membandingkan evaluasi hasil klasifikasi kanker payudara menggunakan semua fitur dan menggunakan fitur yang telah terseleksi. Kompleksitas algoritma SVM-RFE adalah 𝑂(𝐹(𝑁3)). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa klasifikasi kanker payudara menggunakan semua fitur menghasilkan akurasi sebesar 87.2% tetapi dengan adanya proses seleksi fitur sebelum membangun model, dengan menggunakan 128 fitur terseleksi akurasi yang dihasilkan lebih tinggi mencapai 90.6%. Kata Kunci : Data Microarray, Gen Kanker Payudara, Seleksi Fitur, Support Vector Machine Recursive Feature Elimination (SVM-RFE).
Description: xv, 43 hlm; 28 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48409
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
HERYANTI DEWI FEBRIYANINGTYAS-FST.pdf1.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.