Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48287
Title: Analisis penerimaan pengguna aplikasi mobile ais menggunakan technology acceptance model (tam) dan d&m is success model (studi kasus : Uin Syarif Hidayatullah Jakarta)
Authors: Ranti Novela Putri
Advisors: Nur Aeni Hidayah
Nida’ul Hasanati
Keywords: Penerimaan Pengguna;Aplikasi Mobile AIS;Technology Acceptance Model (TAM);D&M IS Success Model
Issue Date: 1-Aug-2019
Abstract: UIN Syarif Hidayatullah saat ini telah meluncurkan aplikasi berbasis android untuk Academic Information System (AIS). Aplikasi ini dimaksudkan untuk mempermudah mahasiswa dalam mengakses AIS melalui mobile. Namun, masih banyak kelemahan dari aplikasi yang dirasakan oleh pengguna seperti error saat melakukakn login maupun pengisian KRS, serta nilai yang sering tidak muncul pada aplikasi, sehingga diperlukan penelitian mengenai penerimaan pengguna terhadap aplikasi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui status penerimaan pengguna terhadap aplikasi Mobile AIS. Ini dilakukan karena penerimaan pengguna merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan implementasi aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) yang digabungkan dengan model D&M IS Success Model. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah yang menjadi pengguna aplikasi Mobile AIS. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Terdapat 237 responden dari populasi tersebut yang digunakan sebagai sampel untuk penelitian ini. Pengolahan data menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan aplikasi SmartPLS versi 3.0. Hasil dari penelitian ini adalah information quality, system quality, service quality, perceived usefulness dan perceived ease of use mempengaruhi penerimaan pengguna aplikasi. Dari 8 hipotesis yang diajukan, terdapat satu hipotesis yang ditolak yaitu hubungan service quality dengan perceived ease of use karena mendapat nilai t-test sebesar 1,844. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi kepada PUSTIPANDA sebagai pihak pengembang untuk lebih fokus pada pelayanan yang diberikan kepada pengguna aplikasi untuk mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi.
Description: xvi,165 hlm,; 28 Cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48287
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
RANTI NOVELA PUTRI-FST.pdf3.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.