Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48246
Title: Perbedaan Model Pembelajaran Science Technologi Society (STS) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains
Authors: Sri Hadiati
Advisors: Ahmad Sofyan
Dina Rahma Fadlilah
Keywords: Literasi Sains;Science Technology and Society (STS);Problem Based Learning (PBL)
Issue Date: 28-Oct-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains peserta didik yang diterapkan model pembelajaran Science Technology Society (STS) dan Problem Based Learning (PBL) pada materi virus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Parung Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 berjumlah 36 orang dan peserta didik kelas X IPA 4 berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian tes literasi sains berupa soal pilihan ganda, uraian, dan sikap. Analisis data kedua kelompok dilakukan dengan menggunakan Mann-Whitney Test. Hasil yang diperoleh adalah p value sebesar 0,046 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan literasi sains antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran STS dengan model pembelajaran PBL. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu kedua model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan literasi sains. Namun model pembelajaran STS lebih baik daripada model pembelajaran PBL.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48246
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SRI HADIATI-FITK.pdf5.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.