Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48235
Title: Pengaruh Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 7E terhadap Literasi Sains Peserta Didik pada Konsep Virus
Authors: Yusri Humaira
Advisors: Zulfiani
Yuke Mardiati
Keywords: Pembelajaran;Literasi Sains;Siklus Belajar (Learning Cycle) 7E;Virus
Issue Date: 21-Oct-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Yusri Humaira (11140161000003), Pengaruh Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 7E terhadap Literasi Sains Peserta Didik pada Konsep Virus. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model siklus belajar (learning cycle) 7E terhadap literasi sains peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Depok Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen digunakan pembelajaran dengan model siklus belajar (learning cycle) 7E sedangkan kelas kontrol menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes dan non tes yang dibuat berdasarkan indikator assessment dari Programme for International Students Assessment (PISA) dan konsep virus. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai p<0,05. Artinya, terdapat pengaruh model siklus belajar (learning cycle) 7E terhadap literasi sains peserta didik pada konsep virus.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48235
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
YUSRI HUMAIRA-FITK.pdf16.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.