Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48183
Title: Pengaruh penggunaan media pop up untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa sd islam taman quraniyah
Authors: INTAN SRI AYU WULANDARI
Advisors: NAFIA WAFIQNI M.PD
Issue Date: 23-Oct-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Pengaruh penggunaan Media Pop Up Book Untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD Islam Taman Quraniyah.” Skripsi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Pop Up Book terhadap hasil belajar IPA siswa SD Islam Taman Quraniyah pada tahun ajaran 2018/2019. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain Posttest Only. Penelitian ini di lakukan di SD Islam Taman Quraniyah Jakarta selatan. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 20 orang dan kelas kontrol berjumlah 20 orang. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajarkan menggunakan media pembelajaran Pop Up Book. Sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang di ajarkan dengan metode ceramah yang pembelajarannya hanya menggunakan buku paket. Instrumen yang digunakan adalah intrumen tes hasil belajar yang telah diuji validitas dan reabilitasnnya. Pengujian Hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T Test dan di peroleh pada taraf signifikan 0.05 menunjukan bahwa nilai probilitas (Signifikansi) adalah 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000< 0.05 (α= 0.05) maka Ho di tolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Pop Up pada pelajaran IPA di SD Islam Taman Quraniyah Jagakarsa Jakarta Selatan. Kata kunci : Media Pop Up, Hasil belajar IPA
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48183
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
INTAN SRI AYU WULANDARI-FITK.pdf2.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.