Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48182
Title: Pengaruh teknik socratic question terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa
Authors: Shela Yuliani Maulidiah
Advisors: Kadir
Eva Musyrifah
Keywords: socratic question;kemampuan berpikir kritis matematis
Issue Date: 1-Oct-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teknik Socratic Question terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis (KBKM). Penelitian dilaksanakan di SMP Al-Azhar 3 Bintaro pada semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain randomized posttest only control group, yang melibatkan 24 siswa kelompok eksperimen dan 23 siswa kelompok kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data KBKM menggunakan teknik tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa KBKM yang diajarkan dengan teknik Socratic Question lebih tinggi daripada KBKM yang diajar dengan teknik konvensional. Kemampuan berpikir kritis matematis meliputi kemampuan interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, penjelasan dan regulasi diri. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan teknik Socratic Question lebih efektif meningkatkan KBKM, dibandingkan teknik konvensional (𝜂2 = 0,084).
Description: xii, 113
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48182
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SHELA YULIANI MAULIDIAH-FITKpdf1.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.