Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48181
Title: Implementasi metode tilawati dalam pembelajaran al qur’an (studi kasus di sdit almaka kalideres)
Authors: Herdiyanti Fhauziah
Advisors: Dimyati
Keywords: Pembelajaran Al Qur’an;Metode Tilawati
Issue Date: 19-Aug-2019
Publisher: Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan guru dalam memahami dan menguasai baik dalam hal isi materi maupun metode penyampaian dalam pembelajaran Al Qur’an secara baik dan tepat. Salah satu solusi untuk menjawab permasalahan tersebut adalah dengan mengikuti pelatihan, khususnya pelatihan pembelajaran Al Qur’an sesuai dengan metode yang ingin diterapkan di sekolah. Seperti sekolah yang menerapkan metode Tilawati dalam pembelajaran Al Qur’an, yang salah satunya adalah SDIT Almaka Kalideres yang sudah menerapkan metode Tilawati dalam pembelajaran Al Qur’annya. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an dengan metode Tilawati di SDIT Almaka Kalideres. Kedua, menganalisis faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penerapan metode Tilawati. Ketiga, untuk mendeskripsikan dan menganalisis implikasi dari penerapan metode Tilawati terhadap kemampuan baca tulis dan tahfidz siswa di SDIT Almaka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengetahui lebih jauh tentang pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an bagi siswa di SDIT Almaka. Penelitian ini dilaksanakan dengan triangulasi teknik pengumpulan dan pengolahan data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pelaksanaan metode Tilawati dalam pembelajaran Al Qur’an di SDIT Almaka Kalideres yaitu pertama, pembelajaran Al Qur’an dengan metode Tilawati dijadikan sebagai mata pelajaran wajib setara dengan mata pelajaran lainnya. Pembelajaran Al Qur’an dengan metode tilawati menggunakan teknik baca simak dengan lagu rost dan bantuan alat peraga bertujuan meningkatkan kompetensi membaca, menghapal, serta memahami hukum bacaan dalam Al Qur’an, serta terdapat sistem evaluasi munaqasyah berkala guna mengetahui hasil belajar siswa untuk kemudian dipindahkan ke tingkat yang lebih tinggi. Kedua, faktor-faktor yang mendukung seperti minat belajar yang tinggi, kompetensi guru yang baik dan fasilitas yang memadai. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya tenaga pendidik yang berkualifikasi untuk mengajar metode Tilawati. Ketiga, penerapan metode ini berimplikasi pada peningkatan kemampuan membaca dan hapalan Al Qur’an siswa.
Description: xiv,118
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48181
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
HERDIYANTI FHAUZIAH-FITK.pdf3.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.