Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48177
Title: Upaya meningkatkan hasil belajar fiqih muamalah melalui penerapan metode role playing pada siswa kelas ix di mts baitis salmah ciputat
Authors: MUHAMMAD SOFYAN
Advisors: Siti Khadijah
Keywords: Hasil Belajar;Metode Role Playing;PTK
Issue Date: 31-Oct-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih Muamalah melalui penerapan metode Role Playing pada siswa kelas IX di MTs Baitis Salmah Ciputat. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan mengumpulkan data, menyusun, dan menganalisa data mengenai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX di MTs Baitis Salmah Ciputat pada mata pelajaran Fiqih Muamalah tentang materi jual beli melalui penerapan metode pembelajaran Role Playing. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), Pengamatan (observasi) dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa/siswi kelas IX-A MTs Baitis Salmah Ciputat dengan jumlah siswa 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-A pada mata pelajaran Fiqih Muamalah yang dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I didapatkan hasil pretest dengan jumlah 1870 dan nilai rata-rata 62.3. Sedangkan saat postest diperoleh nilai hasil belajar sebesar 2250 dan nilai ratarata 75. Dari hasil belajar siklus I dapat dilihat bahwa hasil belajar meningkat. Kemudian pada siklus II hasil belajar postest diperoleh nilai sebesar 2580 dengan rata-rata 86, maka dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata yang sebelumnya pada siklus I sebesar 75 menjadi 86 pada siklus II. Selain itu, siswa juga lebih aktif dan komunikatif dalam proses pembelajaran dengan dilibatkan langsung dalam proses penyampaian materi sehingga siswa cenderung lebih mudah memahami materi penjelasan dari gurunya dengan merasa senang.
Description: ix, 95
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48177
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
MUHAMMAD SOFYAN-FITK.pdf17.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.