Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48175
Title: IMPLEMENTASI METODE HARFUN (MOCO QUR’AN SAK MAKNANE) DALAM PEMBELAJARAN TERJEMAH AL-QUR’AN (MI Sa’adatuddarain – Jakarta Timur)
Authors: Rizky Tria Amanda
Advisors: Abdul Ghofur
Keywords: Pembelajaran terjemah Al-Qur’an;Metode Harfun (Moco Qur’an Sak Maknane)
Issue Date: 24-Oct-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan memahami makna Al-Qur’an tidak lain sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan dunia agar mendapatkan Ridho Allah SWT, sebagaimana fungsi dari Al-Qur’an sebagai kitab suci umat islam. Karena pada hakikatnya manusia cenderung lupa dan berbuat salah. Seseorang yang memiliki pedomn hidup tentu akan berbeda dengan mereka yang menjalani kehidupan dengan asal-asalan. Dengan adanya pedoman, manusia akan mengerti kapan dia harus berhenti dan kapan lagi dia harus melakukan sesuatu hal. Apa yang harus ia lakukan dan bagaimana penyelesaiannya. Perumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu mengenai bagaimana pembelajaran terjemah Al-Qur’an melalui Metode Harfun (Moco Qur’an Sak Maknane). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan di MI Sa’adatuddarain dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Cara mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya, yang diambil dari sumber-sumber ada kepustakaan dan permasalahan yang ditemui dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Harfun (Moco Qur’an Sak Maknane) merupakan sebuah metode yang mengajarkan bagaimana siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar serta mampu memahami makna perkata dari setiap bacaan yang dibacanya. Adapun beberapa sifat dari buku Metode Harfun (Moco Qur’an Sak Maknane) dalam proses pembelajaran antara lain: bacaan langsung, modul, praktis, sistematis, variatif, komunikatif, dan fleksibel. Adapun evaluasi pelaksanaan pembelajaran Metode Harfun (Moco Qur’an Sak Maknane) ialah dengan cara siswa membaca Al-Qur’an bersama, kemudian maju menghadap guru satu persatu sambil dilihat dari segi bacaan Al-Qur’an, terjemah, serta pemahaman anak mengenai ayat yang dibacanya. Dari hasil evaluasi yang didapatkan yakni beraneka ragam pemahaman anak mengenai ayat yang mereka baca. Namun itu semua masih dalam batasan yang sesuai.
Description: XI, 67
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48175
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
rizki amanda.pdf9.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.