Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48023
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorGun Gun Heryantoid
dc.contributor.authorGilang Sakti Perdanaid
dc.date.accessioned2019-11-01T03:46:39Z-
dc.date.available2019-11-01T03:46:39Z-
dc.date.issued2019-07-10-
dc.identifier.issn---
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48023-
dc.descriptionxi, 198 hlm,; 26 cm.id
dc.description.abstractHierarki Pengaruh Proses Penyeleksian Berita Kampanye Akbar Jokowi-Amin dan Prabowo- Sandi di Gelora Bung Karno pada Pemilu Presiden 2019 dalam Kebijakan Redaksi Rubrik Pemilu Wartakotalive Jelang perhelatan Pilpres 2019, berbagai informasi tentang calon presiden dan calon wakil presiden beredar di media massa. Kampanye politik menjadi sumber informasi yang hangat. Informasi yang beredar bukan hanya mengenai rekam jejak kinerja capres dan cawapres, tapi juga mengenai isu yang menyerang personal masingmasing kandidat. Emosi pemilih diaduk-aduk dengan aneka pemberitaan yang acapkali bias dengan fakta sebenarnya. Gejala posttruth agaknya tengah merasuki pemilu kita. Definisi ini mengandung pengertian bahawa post-truth adalah situasi ketika fakta obyektif kurang berpengaruh terhadap opini publik dibandingkan dengan emosi dan keyakinan pribadi.Wartakotalive merupakan salah satu media massa yang memuat berita-berita seputar kampanye pilpres 2019. Berdasarkan uraian di atas, maka muncul pertanyaan bagaimana hierarki pengaruh penyeksian berita kampanye politik dalam rubrik Pemilu Wartakotalive? dan level apa dalam hierarki pengaruh yang paling dominan mempengaruhi isi berita Wartakotalive? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Hirarki Pengaruh Media diperkenalkan oleh Pamela Shoemaker dan Stephen D. Reese. Teori ini berasumsi bahwa isi pesan media yang disampaikan adalah hasil dari pengaruh beberapa faktor hierarkis media. Faktor-faktor tersebut kemudian dibagi ke dalam lima level; Pertama, level individu. Kedua, level rutinitas media. Ketiga, level organisasi media. Keempat, level ekstra media. Kelima, level Ideologi. kelima level tersebut merupakan faktor yang mempengaruhi sebuah pemberitaan sebuah media, dan kelimanya berkaitan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan Anggie Lianda P (Reporter Wartakoalive), Suprapto (manajer online dan editor Wartakotalive, serta Joni yang merupakan Anggota AJI Indonesia. Setelah melakukan penelitian terkait pemberitaan kampanye akbar Jokowi-Amin dan Prabowo-Sandi di GBK pada Pilpres 2019 i dalam rubrik Pemilu Wartakotalive, pengaruh isi berita datang dari lima level pengaruh hierarkis. Pertama, pada level individu pengaruh datang melalui reporter dalam mencari berita dengan berpegang teguh pada nilai keberimbangan, profesionalisme dan kode etik jurnalistik. Kedua, level pengaruh rutinisas media direpresantasikan melalui rapat redaksi yang menentukan arah pemberitaan. ketiga, level pengaruh Organisasi media menjadi faktor dominan dalam pemberitaan kampanye Jokowi- Amin dan Prabowo-Sandi. Editor merupakan bagian organisasi media yang memiliki wewenang untuk menyeleksi berita yang akan dimuat. Keempat, pemberitaan Wartakotalive terkait kampanye akbar capres dan cawapres juga dipengaruhi oleh faktor ekstra media, yaitu kontrol pemerintah melalui Dewan Pers dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kelima, ideologi Wartakotalive adalah Pancasila sehinigga dalam setiap aktivitas pemberitaannya semaksimal mungkin Wartakotalive menghindari sensitivitas Suku, Ras, Agama, dan Antargolongan (SARA) yang dapat memprovokasi massa. Kata Kunci: Hierarki, Pengaruh, Berita, Kampanye, Capres, Cawapres, Pilpres 2019, Wartakotaliveid
dc.description.sponsorshipDr. Gun Gun Heryanto, M.Siid
dc.description.uri---id
dc.language.isoidid
dc.publisherFakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakartaid
dc.relation.ispartofseries--;---
dc.subjectHierarki, Pengaruh, Beritaid
dc.subjectKampanye, Capres, Cawapres, Pilpres 2019id
dc.subjectWartakotaliveid
dc.titleHierarki Pengaruh Proses Penyeleksian Berita Kampanye Akbar Jokowi-Amin Dan Prabowo-Sandi Di Gelora Bung Karno Pada Pemilu Presiden 2019 Dalam Kebijakan Redaksi Rubrik Pemilu Wartakotaliveid
dc.title.alternative--id
dc.typebachelorThesisid
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
GILANG SAKTI PERDANA-FDK-IR.pdf4.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.