Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48020
Title: Analisis Wacana Pemikiran Dakwah Kh.Ahmad Rifa’i Arief Dalam Buku Kiprah Kiayi Entrepreneur Karya Drs. H. Sholeh Rosyad, M.M.
Other Titles: --
Authors: Ferdy Rizky Saputra
Advisors: Rubiyanah
Keywords: Buku, Biografi;Tokoh, Pemikiran.
Issue Date: 27-May-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Analisis Wacana Pemikiran Dakwah KH. Ahmad Rifa’i Arief dalam Buku Kiprah Kiayi “Entrepreneur” Karya Drs. H. Soleh Rosyad, M.M., di bawah bimbingan Rubiyanah, MA. Perkembangan media massa dari waktu ke waktu semakin pesat. Sebagian besar manusia menjadikan media massa sebagai kebutuhan hidupnya. Dalam kajian media komunikasi, buku mampu memberikan pengaruh kuat dalam menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat. Bahasa menjadi unsur penting dalam sebuah karya tulis karena pemlihan bahasa yang baik akan berpengaruh pada kualitas penulisan. Buku biografi yang mengandung unsur kebahasaan yang menarik dan memiliki unsur pemikiran dakwah yang kuat adalah buku biografi Kiprah Kiyai Entrepreneur, diadaptasi dari kisah kehidupan seorang KH. Ahmad Rifa’i Arief dalam mengembangkan sistem pendidikan pondok pesantren. Oleh karena itu, penulis meneliti lebih dalam kisah pada buku biografi KH. Ahmad Rifa’i Arief. Adapun masalah yang ingin diungkap dalam penelitian ini adalah ingin melihat sebuah perjalanan seorang kiyai mumtaz dalam buku biografi Kiprah Kiyai Entrepreneur karya Sholeh Rosyad yang mengandung unsur pemikiran dakwah, dengan menggunakan teori analisis wacana model Teun A Van Dijk yang meninjau bagaimana struktur penyampaian pesan dilihat dari struktur teks, dimensi kognisi sosial dan dilihat dari dimensi konteks sosial?. Selanjutnya pada penelitian ini, metodologi penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif, karena dalam pelaksanaannya lebih dilakukan pada pemaknaan teks. Pengumpulan data melalui analisis dokumen dan di analisis melalui struktur wacana model Teun A Van Dijk. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pemikiran-pemikiran beliau mngenai dakwah yang dituangkan dalam buku biografi Kiprah Kiyai Entrepreneur. Melalui analisa penulis bahwasanya pemikiran dakwah beliau sangat menunjukan pada kesungguhannya dalam menuntut ilmu umum dan agama, hasil dari buah pemikirannya mengenai dakwah seorang kiyai Rifai Arif dengan berdakwah melalui sistem pendidikan pesantren. Dari hasil analisa penulis terhadap pemikiran Kyai Rifai Arif yang disampaikan melalui teks dalam buku biografi tersebut, saling membentuk kesatuan arti. Sehingga melalui analisis wacana Van Dijk ditemukan bahwa komunikator melakukan strategi wacana melalui komposisi jumlah teks yang memperesentasikan pemikiran utama yang hendak di usung melalui penguatan karakter tokoh utama. Kata Kunci : Buku, Biografi, Tokoh, Pemikiran.
Description: vi, 123 hlm,; 26 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48020
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
FERDY RIZKY SAPUTRA-FDK.pdf3.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.