Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47916
Title: Implementasi metode ummi dalam pembelajaran al-qur’an di sdit darojaatul‘uluum
Authors: Elmiani Rahmah Hayati
Advisors: Abdul Ghofur
Keywords: Metode Ummi;Pembelajaran al-Qur’an
Issue Date: 16-Oct-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an di SDIT Darojaatul ‘Uluum, unsur-unsur utama dari metode Ummi, dan cara mengatasi kelemahan serta mengembangkan kelebihan dari penerapan metode Ummi di SDIT tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai September 2019. Jenis Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data, triangulasi data terbagi menjadi tiga tahap yaitu triangulasi teknik, waktu, dan sumber. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an di SDIT Darojaatul ‘Uluum sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan sistem yang diajukan oleh Ummi Foundation baik itu materi pembelajaran, target pencapaian, maupun tahapan pembelajaran. Ada 7 tahapan pembelajaran yang harus dilalui yaitu pembukaan, apresepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, evaluasi, dan penutup. Pembelajaran alQur’an dilaksanakan di hari Senin sampai dengan Jum’at dengan durasi waktu 60 menit. Proses pembelajaran adalah dengan menggunakan metode klasikal, pertama guru membaca materi yang ada di alat peraga, setalah itu membaca buku jilid pada halaman yang sudah ditentukan, guru mencontohkan bacaan terlebih dahulu kemudian membaca bersama-sama dengan anak-anak, setelah di rasa cukup maka anak-anak satu per satu membaca dan yang lainnya menyimak bacaan. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan materi adalah 40 pertemuan, dan bisa lebih cepat dari target yang telah ditentukan. Unsur-unsur utama dari metode Ummi adalah 3 kekuatan Ummi yaitu metode, sistem, dan guru yang bermutu, selain itu ada 10 pillar mutu Ummi, dan 7 program dasar Ummi. Setiap metode pasti memiliki kekurang dan kelebihan dalam penerepannya dalam suatu lembaga, untuk mengatasi kekurangan penerepan metode Ummi maka yang dilakukan oleh SDIT Darojaatul ‘Uluum adalah mengadakan supervisi internal maupun eksternal, mengadakan evaluasi guru al-Qur’an seminggu sekali, dan bekerja sama dengan orang tua murid melalui grup Whatsapp serta mengadakan program home visit.
Description: ix, 99
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47916
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ELMIANI RAHMAH HAYATI-FITK.pdf7.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.