Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47878
Title: Strategi Bauran Pemasaran Produk Umroh Dalam Menghadapi Fluktuasi Nilai Tukar Rupiah Pada PT. Dua Ribu Wisata Jakarta Pusat
Other Titles: --
Authors: Fazrul Fikri Febrina
Advisors: Mastanah
Keywords: Strategi;Perkembangan Jamaah
Issue Date: 29-May-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Melemahnya nilai tukar uang rupiah terhadap dolar AS tentu berpengaruh terhadap turunnya minat kaum Muslim untuk pergi haji atau umroh ke tanah suci. Perbedaan nilai tukar mata uang suatu Negara (kurs) pada prinsipnya ditentukan oleh besarnya permintaan dan penawaran mata uang tersebut. Maka dari itu kaum Muslim mulai menghitung-hitung kemampuan finansial mereka jika ingin pergi ke tanah suci. Hal ini pun dirasakan betul terhadap perusahaan pengelola Travel Tour Haji dan Umroh, bahkan diperkirakan banyak travel-travel menyatakan untuk gulung tikar, karena menghadapi kurs rupiah yang tidak stabil. Berbagai strategi pelayanan dan pemasaran telah dilakukan agar perkembangan jamaah meningkat. Sehingga Perusahaan yang bergelut didalam bisnis usaha Travel Tour Haji dan Umroh harus kreatif serta inovatif dalam menyikapi persoalan turun naiknya kurs tukar Rupiah terhadap Dollar AS. Adapun penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif adalah sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dalam penulisan skripsi ini, ada dua hal yang menjadi fokus pada skripsi ini pertama bagaimana strategi dan perkembangan jamaah pada PT. Dua Ribu Wisata. Dari hasil analisa penulis menunjukan bahwa strategi pemasaran PT. Dua Ribu Wisata menggunakan teknik marketing mix dimana melihat kepada harga, tempat, produk, dan pemasarannya dalam menyikapi fluktuasi. Selanjutnya menurut analisa penulis alangkah baiknya pula PT. Dua Ribu Wisata juga berpedoman kepada karakteristik syariah marketing berupa rabbaniyah, akhlaqiah, alwaqiiyah, al-insaniyah. Kata Kunci : Strategi dan Perkembangan Jamaah
Description: v, 91 hlm,; 26 cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47878
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
FAZRUL FIKRI FEBRINA-FDK.pdf2.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.