Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47630
Title: Halal Industry For Indonesian Future Economy
Authors: Muhammad Yanis Musdja
Keywords: Orasi Ilmiah;Fakultas Ekonomi Se JABODETABEK
Issue Date: 3-Mar-2017
Series/Report no.: Senat Fakultas Ekonomi Se JABODETABEK;ORASI ILMIAH
Abstract: Industri Halal sangat memainkan peranan penting dalam kehidupan ummat manusia, karena produk industri sangat menentukan tentang keamanan, keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan untuk manusia. Industri Halal untuk ummat Islam adalah merupakan alat untuk melaksanakan ketaatan tentang ketentuan Allah dalam Al Quran untuk mengkonsumsi produk yang Halalanthoyyiban. Zaman sekarang, produk halal sudah menjadi fenomena global yang tidak lagi hanya berhubungan dengan agama. tetapi juga menjadi gaya hidup (Halal lifestyle) pilihan untuk non-Muslim. Label Halal telah menjadi simbol untuk produk yang berkualitas, aman, bersih, bergizi dan otentik. Produk halal adalah “EMERGING MARKET” yang menarik untuk Muslim dan Non Muslim. Pemasaran produk halal adalah yang paling cepat berkembang di dunia, saat ini telah mencapai sekitar 3,3 triliun dolar AS per tahun untuk memenuhi sekitar 2.1 milyar orang Muslim ditambah dengan Non Muslim yang suka “HALAL LIFESTYLE”. Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia namun pada saat ini Indonesia tidak termasuk kepada negara yang termasuk 5 besar dalam membuat produk Halal di dunia, seperti Brazil, Amerika Serikat, Turki, Malaysia dan Thailand. Agar Indonesia dapat menjadi negara yang membuat produk Halal terbesar di dunia, maka DPR RI telah membuat undang-undang Jaminan Produk Halal (UU-JPH) No. 33 Tahun 2014. Dalam ketentuan undang-undang ini, sertifikasi Halal dirubah dari tadinya hanya bersifat sukarela (Voluntary) menjadi Wajib (Mandatory) untuk negara Indonesia dan akan diberlakukan pada tanggal 17 Oktober 2019. Oleh karena itu semua pelaku usaha dan pelaku Industri harus membantu pelaksanaan UU JPH ini, untuk meningkatkan ekspor produk Halal Indonesia ke berbagai negara di dunia, sehingga ekonomi Indonesia akan semakin membaik dari waktu ke waktu.
Description: Label Halal telah menjadi simbol untuk produk yang berkualitas, aman, bersih, bergizi dan otentik. Produk halal adalah “EMERGING MARKET” yang menarik untuk Muslim dan Non Muslim. Pemasaran produk halal adalah yang paling cepat berkembang di dunia, saat ini telah mencapai sekitar 3,3 triliun dolar AS per tahun untuk memenuhi sekitar 2.1 milyar orang Muslim ditambah dengan Non Muslim yang suka “HALAL LIFESTYLE”.
metadata.dc.description.uri: https://shariaeconomicforum.org/publikasi/8-Laporan-Kegiatan/43-SEF-UG-Raih-Prestasi-di-Temu-Ilmiah-Regional-Jabodetabek-2017
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47630
Appears in Collections:Orasi Ilmiah

Files in This Item:
File SizeFormat 
2017-03-03 YANIS ORASI ILMIAH UTK FAK EKONOMI SE JABODETABEK DI YARSI.pdf11.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.