Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47279
Title: Analisis Produksi Program Kata Netizen Kompas TV
Other Titles: --
Authors: Hafizh Fathur Rizqi
Advisors: Ade Rina Farida
Keywords: Media Sosial, Kata Netizen, Kompas TV;Produksi Televisi, Program
Issue Date: 23-Jul-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Analisis Produksi Program Kata Netizen Kompas TV Media sosial muncul karena adanya transformasi perkembangan teknologi di bidang komunikasi dan informasi yang tumbuh pesat. Dewasa ini stasiun televisi banyak menyelipkan program acaranya yang bersumber dari sosial media. Salah satu program tersebut adalah Kata Netizen. Kata Netizen yang tayang di stasiun Kompas TV dengan membahas isu-isu yang menjadi perbincangan hangat di ranah media sosial secara mendalam. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti merasa tertarik untuk mengangkat ke dalam topik skripsi tentang bagaimana cara Tim Produksi Kata Netizen dalam mempersiapkan, mengolah konten-konten yang ada di media sosial untuk ditarik ke layar televisi? Dan bagaimana tahapan produksi yang dimulai dari pra produksi, produksi, dan pasca produksi Kata Netizen Kompas TV? Penelitian ini menggunkan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, peneliti melakukan wawancara dengan produser Kata Netizen. Penelitian ini menggunakan teori arus berita Bass dan Standart Operation Procedure (SOP) pada proses produksi siaran yang dilakukan dengan tiga tahapan yaitu; Pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Pra produksi yaitu penemuan ide, perencanaan dan persiapan. Produksi yaitu saat proses shooting. Dan yang terakhir, Pasca produksi yaitu penyuntingan, memberi efek suara, pengisi suara dan lain-lain. Termasuk proses distribusi konten ke kanal Youtube resmi Kompas TV. Teori arus berita Bass melalui dua tahap, pertama yaitu pengumpulan dan penulisan, dan kedua penyuntingan dan penayangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahap pengumpulan dikerjakan oleh Tim Provetic Indonesia. Kemudian konten yang terkumpul ditulis, disunting dan ditayangkan oleh Tim Produksi Kata Netizen ke dalam segmen Viral Flash. Selanjutnya temuan Proses Tahapan Produksi menurut Fred Wibowo sebagai berikut: Pertama, dalam proses tahapan produksi ditemukan PT. Provetic Indonesia dijadikan Partner pada segmen Viral Flash, sedangkan penentuan tema oleh Tim Kata Netizen. Kedua, Produksi dilakukan di studio Kompas TV dengan durasi tayang satu jam. Ketiga, Pasca produksi tidak banyak dilakukan mengingat waktu yang sempit antara waktu siar dengan waktu tayang, lalu ada kerjasama antara Tim Project Digital Kompas TV dengan Tim produksi kata Netizen dalam mendistribusikan hasil produksi ke Youtube. Kata Kunci: Media Sosial, Kata Netizen, Kompas TV, Produksi Televisi, Program.
Description: vii, 76 hlm,; 26 cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47279
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
HAFIZH FATHUR RIZQI-FDK.pdf2.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.