Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47179
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNoor Bekti Negoroid
dc.contributor.authorNadya Shabrinaid
dc.date.accessioned2019-09-25T03:07:17Z-
dc.date.available2019-09-25T03:07:17Z-
dc.date.issued2019-02-25-
dc.identifier.issn---
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47179-
dc.descriptionxiii, 77 hlm,; 26 cm.id
dc.description.abstractABSTRAK Nadya Shabrina, 11140510000092, Efektivitas Sekolah Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) dalam Literasi Media Televisi di Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, dibawah bimbingan Noor Bekti Negoro, S.E, M.Si Televisi merupakan salah satu media informasi, hiburan, pendidikan, ajakan dan pemersatu. Namun kualitas siaran saat ini terbilang masih di bawah standar. Hal ini karena minimnya kesadaran dan pengetahuan tentang pentingnya siaran berkualitas dan mengedukasi. Peraturan penyiaran menjadi tolak ukur untuk meningkatkan kualitas siaran. Oleh karena itu, KPI mengadakan Sekolah P3SPS sebagai salah satu program literasi media. Pertanyaannya adalah apakah program Sekolah P3SPS efektif dalam literasi media televisi di KPI Pusat? Apa saja manfaat mengikuti program Sekolah P3SPS di KPI Pusat? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode experiment one group pretest-posttest. Data dan temuan diperoleh melalui observasi dengan mengikuti Sekolah P3SPS angkatan XXXII, penyebaran kuesioner pretest -posttest dilakukan kepada peserta program Sekolah P3SPS angkatan XXXIV, serta dokumentasi untuk memeroleh teori dan konsep. Teori yang digunakan adalah teori efektivitas Effendi untuk membuktikan efektif atau tidaknya program Sekolah P3SPS terhadap pengetahuan, perilaku dan sikap peserta. Maka konsep tambahan dari penelitian ini adalah P3SPS sebagai pedoman yang dibuat oleh KPI dan literasi media sebagai tujuan KPI. Berdasarkan perhitungan, thitung > ttabel yaitu sig 2,048 > -4,481, dan perbandingan rata-rata pre test 151,63 dan post test 163,53, setara dengan peningkatan 7,81%. Maka program Sekolah P3SPS sebagai salah satu program literasi media KPI, dinyatakan efektif meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku peserta. Sekolah ini juga memberikan manfaat dalam segala aspek, seperti pengetahuan dasar dan mendalam mengenai peraturan penyiaran khususnya P3SPS. Peserta juga diajak berpikir, menganalisis dan kritis terhadap media televisi, serta diajak melihat secara langsung cara kerja KPI dalam mengawasi dan mengontrol media penyiaran. Kata Kunci: Efektif, P3SPS, Literasi Media, Pesertaid
dc.description.sponsorshipNoor Bekti Negoro, Se, M.Siid
dc.description.uri--id
dc.language.isoidid
dc.publisherFakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakartaid
dc.relation.ispartofseries--;---
dc.subjectEfektif, P3SPSid
dc.subjectLiterasi Media, Pesertaid
dc.titleEfektivitas Program Sekolah Pedoman Perilaku Penyiaran Dan Standar Program Siaran (P3SPS) Dalam Literasi Media Televisi Di Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusatid
dc.title.alternative--id
dc.typebachelorThesisid
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NADYA SABRINA-FDK.pdf1.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.