Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47174
Title: Pengembangan Authentic Assessment berbasis Science Process Skill dalam Pembelajaran IPA Terpadu
Authors: Zaenudin
Advisors: Dr.Ahmad Sofyan
Keywords: Authentic Assessment;Portofolio;Science Process Skill;Penilaian Sikap;Penilaian Diri;Instrumen Tes
Issue Date: 19-Aug-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan instrumen asesmen autentik berbasis science process skill pada konsep sistem pernapasan manusia untuk siswa SMP kelas VIII 2) Menganalisis kelayakan produk yang dikembangkan serta 3) Mendeskripsikan profil hasil belajar siswa yang diukur dengan produk yang telah dikembangkan. Penelitian ini mengadaptasi model 4-D dari Thiagarajan yang meliputi tahap define, design, develop dan disseminate. Namun, pada penelitian ini tidak dilakukan tahap disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar validasi, lembar tanggapan guru dan siswa. Uji coba dilakukan dua kali yakni skala kecil dan skala besar. Analisis reliabilitas instrumen ini menggunakan Interclass Correlation Coeffisiensts (ICC) dengan bantuan aplikasi SPSS 20.0. Hasil penelitian ini adalah produk berupa instrumen authentic assesment berbasis science process skill yang valid dan reliabel untuk mengukur hasil belajar siswa. Instrumen penilaian ini memiliki skor 83,89 dalam kriteria sangat layak, sedangkan koefisien reliabilitas menunjukkan 0,905, 0,891, 0,912, 0,927 untuk penilaian portofolio pada pertemuan 1 sampai 4 yang berarti masuk dalam kategori sangat tinggi. Koefisien reliabilitas untuk penilaian diri, penilaian sikap, dan instrumen tes pilihan ganda secara berurutan yaitu: 0,904, 0,885, 0,860 yang berarti masuk dalam kategori sangat tinggi, dan instrumen tes uraian dengan angka koefisien reliabilitas 0,792 masuk dalam kategori tinggi. Adapun hasil belajar siswa pada aspek science process skill dengan indikator keterampilan bertanya, observasi, prediksi, interpretasi dan komunikasi masing-masing memperoleh kriteria baik. Hasil penilaian sikap dan penilaian diri siswa, keduanya memperoleh kriteria baik. Dan ketuntasan pada penilaian pengetahuan diperoleh 70% siswa tuntas.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47174
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Zaenudin 11150161000005.pdf6.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.