Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47116
Title: Strategi Public Relations Samawa Tour Dalam Membangun Citra Dan Kepercayaan Calon Jamaah Umrah
Other Titles: --
Authors: Sahri Rahma Fitri
Advisors: H.Mulkanasir
Keywords: Strategi, Public Relations, Citra;Kepercayaan, SAMAWA Tour.
Issue Date: 1-Feb-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Strategi Public Relations SAMAWA Tour dalam Membangun Citra dan Kepercayaan Calon Jamaah Umrah SAMAWA TOUR adalah salah satu perusahaan tour and travel umrah yang berdiri pada tahun 2010. Selama lebih dari 9 tahun SAMAWA Tour telah memiliki banyak pengalaman dalam melayani jamaah dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah yang mana SAMAWA Tour memiliki SK Umrah Nomor 137 tahun 2015 dan SK Haji SAMAWA Tour Nomor 366 tahun 2016. Banyaknya perusahaan biro travel yang ada di Indonesia, menimbulkan persaingan yang cukup ketat di bidang jasa travel, serta semakin maraknya pemberitaan penipuan terhadap masyarakat dalam perjalanan umrah membuat pihak SAMAWA Tour selalu melakukan inovasi dan meningkatkan mutu sumber daya manusia untuk membangun citra perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan SAMAWA Tour dalam membangun citra perusahaan yang baik. Citra merupakan kesan secara keseluruhan terhadap sebuah perusahaan. Berdasarkan konteks di atas, maka tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui strategi Public Relations SAMAWA Tour dalam membangun citra perusahaan, serta bagaimana Public Relations SAMAWA Tour dalam mewujudkan citra dan kepercayaan calon jamaah umrah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, metode ini berlandaskan pada kondisi objek yang alamiah sesuai dengan kenyataan, di mana penelitian adalah sebagai instrumen kunci, dengan analisa data bersifat deksriptif yaitu menggambarkan realitas yang dikaji. Strategi yang diterapkan sesuai dengan teori strategic planning for Public Relations oleh Ronald D. Smith yang dinamai the nine step of strategic public relations. Dan citra yang dibentuk melalui empat komponen yang dijelaskan Jhon S. Nimpone yaitu persepsi, kognisi, motivasi dan sikap. Peran Public Relations dalam perusahaan adalah sebagai komunikator, stabilitator, dan fasilitator. Kemudian teori citra perusahaan Frank Jefkins dimana citra adalah kesan yang sengaja diciptakan oleh sebuah perusahaan untuk menunjukan kepribadian atau ciri khas. Setelah menganalisis dan mengumpulkan data maka peneliti menemukan bahwa strategi yang digunakan SAMAWA Tour dalam membangun citra perusahaan yaitu dilakukan dengan empat tahap diantaranya: formative research, membuat goals, membuat taktik dan evaluasi keseluruhan. Langkah yang dilakukan SAMAWA Tour dalam membangun citra dan kepercayaan calon jamaah umrah dengan cara meningkatan pelayanan sebaik mungkin, perusahaan mengutamakan pelayanan yang maksimal dalam memperoleh citra positif dari jamaah. Kata kunci: Strategi, Public Relations, Citra, Kepercayaan, SAMAWA Tour.
Description: ix, 69 hlm,; 26 cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47116
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SAHRI RAHMA FITRI-FDK.pdf3.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.