Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47115
Title: Strategi Komunikasi Persuasif Guru Taman Kanak-Kanak (Tk) Islamic Green School Hijau Daun Dalam Membentuk Karakter Peduli Terhadap Sampah Pada Siswa Di Kediri
Other Titles: --
Authors: Reny Nur Aini
Advisors: Ade Rina Farida
Keywords: Strategi Komunikasi Persuasif, Karakter Peduli;Sampah, Perubahan Sikap, Siswa.
Issue Date: 13-Nov-2018
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Strategi Komunikasi Persuasif Guru Taman Kanak-kanak (TK) Islamic Green School Hijau Daun dalam MembentukKarakter Peduli terhadap Sampah pada Siswa di Kediri Jawa Timur Peran strategi komunikasi persuasif dalam dunia pendidikan sangatlah penting. Hadirnya strategi komunikasi persuasif memudahkan guru dalam proses belajar mengajar di kelas. Di Islamic Green School Hijau Daun memiliki program pemanfaatan sampah sebagai alat untuk pembayaran sekolah. Hal ini perlu adanya strategi komunikasi persuasif untuk mempersuasi anak agar mau menabung sampah serta peduli terhadap sampah di sekitarnya. Mengingat sampah masih menjadi masalah besar di Indonesia, untuk itu perlu sekali adanya penanaman karakter peduli terhadap sampah pada anak sejak dini. Adanya pemanfaatan sampah sebagai pembayaran sekolah diharapkan mampu membentuk karakter anak yang peduli terhadap sampah juga membantu mengurangi jumlah sampah yang ada di Indonesia. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka muncul pertanyaan, pertama, bagaimana strategi komunikasi persuasif yang dilakukan guru dalam membentuk karakter peduli terhadap sampah pada Siswanya? Kemudian, apa saja bentuk komunikasi yang digunakan guru untuk mempersuasi siswanya? Ketiga, apa saja faktor pendukung keberhasilan strategi komunikasi persuasif yang diterapkan oleh guru? Teori yang digunakan adalah model Elaboration Likelihood yang dikembangkan oleh Richard E Petty dan John T. Cacioppo yang memiliki asumsi dasar bahwa setiap orang dapat memproses pesan persuasif dengan cara yang berbeda. Teori lainnya adalah teori Icek Ajzen yang mengatakan bahwa tujuan dari komunikasi persuasif adalah untuk mengubah sikap, pendapat dan perilaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian deskriptif. Peneliti melakukan wawancara, observasi langsung, dan mencari sumber data pendukung seperti dokumentasi foto, dokumen dan berbagai literatur yang mendukung oenelitian. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme, dimana pengetahuan merupakan konstruksi manusia yang tidak dapat dipertanggungjawabkan sebagai kebenaran yang tetap. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan guru dengan murid dalam membentuk karakter peduli terhadap sampah adalah mengubah sikap anak secara kognitif, afektif, dan konatif. Bentuk komunikasi yang digunakan adalah komunikasi interpersonal, komunikasi diadik, komunikasi verbal dan juga nonverbal. Faktor pendukung keberhasilan strategi komunikasi persuasif adalah kredibilitas guru dan cara guru membangun kepercayaan pada anak. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Persuasif, Karakter Peduli, Sampah, Perubahan Sikap, Siswa.
Description: x, 124 hlm,; 26 cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47115
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
RENY NUR AINI-FDK.pdf5.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.