Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47071
Title: Retorika Dakwah Ustadz Abdul Somad Di Youtube (Analisis Pada Video “Uas Ceramah Di Mabes Tni Ad” Berdasarkan Teori Public Speaking Stephen E. Lucas )
Other Titles: --
Authors: Ilka Sawidri Daulay
Advisors: Rubiyanah
Keywords: UAS, Retorika, Dakwah;Youtube, Stephen E. Lucas
Issue Date: 3-May-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Retorika Dakwah Ustad Abdul Somad di Youtube (Analisis pada Video “UAS Ceramah di Mabes TNI AD” Berdasarkan Teori Stephen E.Lucas) Ustadz Abdul Somad adalah salah seorang dai yang terbilang sukses dalam menyampaikan dakwahnya. Bukan hanya ceramah-ceramah di darat, ceramah-ceramah di media sosial, khususnya YouTube menjadi salah satu ceramah yang paling digandrungi. Bahkan sebuah video Youtube yang berjudul UAS ceramah di MABES TNI AD, yang berisi tentang materi cinta tanah air adalah bagian dari keimanan, diunggah oleh channel Youtube Tafaqquh video pada 9 Juni 2018. Durasi video 57 menit 19 detik. Hingga saat ini ditonton oleh 4.530.180 viewers, ribuan likers dan menuai ribuan komentar menjadi sorotan banyak orang. Pernyataan tersebut, memunculkan sebuah pertanyaan mayor, yaitu bagaimana retorika ustadz Abdul Somad di media Youtube pada video “UAS Ceramah di Mabes TNI AD”berdasarkan teori Stephen E. Lucas? Adapun pertanyaan minornya adalah bagaimana metode penyampaian (method of delivery) ustadz Abdul Somad pada video UAS Ceramah di Mabes TNI AD? Bagaimana vocal (speakers voice) ustadz Abdul Somad pada video UAS Ceramah di Mabes TNI AD? Bagaimana bahasa tubuh (speaker body) ustadz Abdul Somad pada video UAS Ceramah di Mabes TNI AD? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan model deskriptif. Adapun metode kualitatif adalah meneliti objekonjek yang tidak dapat diukur secara eksak atau angka-angka. Penelitian bersifat deskriptif berupa kutipan-kutipan kalimat dan cenderung menggunakan analisis. Penelitian ini menggunakan teori public speaking Stephen E. Lucas. Cara penyampaian dalam public speaking terdiri dari tiga komponen yaitu the method of delivery (metode penyampaian), the speakers voice (suara pembicara) dan the speaker body (bahasa tubuh). Dengan kata lain bagaimana metode penyampaian, mengolah suara, dan penampilan seorang pembicara. Metode penyampaian yang digunakan ustadz Abdul Somad yaitu tanpa adanya persiapan (ekstemporaneously). Ustadz Abdul Somad juga menyesuaikan suara lantangnya dengan nada yang naik turun,volume yang tinggi rendah, tempo, jeda, pengucapan, artikulasi dan dialek saat menyampaikan materi ceramah. Selaras dengan acara di Mabes TNI AD yaitu berbuka bersama penampilan ustadz Abdul Somad sangat sesuai ii dengan menggunakan baju koko putih, celana panjang hitam, peci hitam dan sorban coklat, gerakan tubuh ustadz Abdul Somad juga tidak berlebihan, melakukan kontak mata kepada audiens dan menjaga sikap selama menyampaikan materi ceramah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa retorika dakwah ustadz Abdul Somad terbilang bagus. Meskipun menggunakan metode tanpa persiapan. Dikemas dengan menarik, sehingga materi dakwah dapat disampaikan dengan baik. Dakwah yang beliau gunakan bersifat mendidik, membangkitkan kepercayaan, dan menggerakkan hati. Dakwah beliau tanpa paksaan, namun dengan ketegasan dalam menyampaikan dakwah menjadi daya tarik bagi audiens. Kata kunci: UAS, Retorika, Dakwah, Youtube, Stephen E. Lucas
Description: vii, 99 hlm,; 26 cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47071
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ILKA SAWIDRI DAULAY-FDK.pdf2.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.