Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47040
Title: Komunikasi Persuasif Riba Crisis Center dalam Sosialisasi Gerakan Anti Riba
Other Titles: --
Authors: Hera Setiawati
Advisors: Ade Rina Farida
Keywords: Riba, Crisis Center;Komunikasi, Persuasif, Sosialisasi
Issue Date: 5-Jul-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: ABSTRAK Hera Setiawati 1112051000018 Komunikasi Persuasif Riba Crisis Center dalam Sosialisasi Gerakan Anti Riba Riba merupakan hal yang telah dilarang semenjak zaman Rasulullah SAW. Saat ini riba menjadi tantangan dalam menerapkan perekonomian syariah.. Hal ini kemudian menimbulkan kekhawatiran masyarakat. Riba Crisis Center menjadi salah satu organisasi yang berfokus pada sosialisasi dengan edukasi dan solusi untuk mengajak masyarakat menjauhi riba. Berdasarkan konteks di atas, tujuan penelitian adalah menjawab pertanyaan mayor dan minor. Pertanyaan mayornya adalah bagaimana komunikasi persuasif Riba Crisis Center dalam sosialisasi gerakan anti riba? Minornya adalah bagaimana tahapan dan teknik komunikasi persuasif yang dilakukan Riba Crisis Center dalam sosialisasi gerakan anti riba? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Komunikasi Persuasif dari Jalaludin Rakhmat, yang didefinisikan sebagai proses mempengaruh perilaku dan tindakan orang lain melalui pendekatan manipulasi psikologis, sehingga orang tersebut bertindak seperti atas kehendaknya sendiri. Dan teori tahapan dan teknik komunikasi persuasif dari Effendy. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses sosialisasi Riba Crisis Center dilakukan dengan tahapan dan teknik komunikasi persuasi. Komunikasi persuasif kemudian terjadi dan mempengaruhi perubahan sikap, perilaku dan tindakan masyarakat yang bertujuan untuk menjahi riba. Tahapan komunikasi melalui perhatian, minat, menumbuhkan hasrat, kemudian menimbulkan keputusan untuk melakukan tindakan. Teknik komunikasinya melalui asosiasi, integrasi, penataan pesan, memberikan ganjaran, dan memenangkan perdebatan dengan argumen yang kuat. Kata kunci : Komunikasi, Persuasif, Sosialisasi, Riba, Crisis Center
Description: ix, 113 hlm,; 26 cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47040
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
HERA SETIAWATI-FDK.pdf3.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.