Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47035
Title: Pengaruh Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dan Pembiasaan Sholat Berjamaah Terhadap Pembentukan Religius Culture Siswa SMK Negeri 39 Jakarta
Authors: BURHANUL MUTTAQIN
Advisors: Syamsul Aripin
Sujiyo Miranto
Keywords: Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam;Pembiasaan Sholat Berjamaah;Pembentukan Religious Culture
Issue Date: 4-Sep-2019
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dan Pembiasaan Sholat Berjamaah Terhadap Pembentukan Religious Culture. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Survey Explanatory. Penelitian survey adalah penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Variabel dalam penelitian terdiri dari dua variabel bebas yaitu internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam sebagai variabel (X1), pembiasaan sholat berjamaah sebagai variabel (X2), dan satu variabel terikat yaitu pembentukan religious culture sebagai variabel (Y). Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 163 peserta didik diambil secara acak. Berdasarkan analisis statistik yang telah diuraikan di atas dapat diketahui bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Internalisasi Nilai-Nilai PAI terhadap Religious Culture pada siswa di SMKN 39 Jakarta, hal ini terbukti dari nilai thitung lebih besar daripadattabel (4,502>1,975). Demikian juga dengan taraf signifikansi (p-value), pada tabel di atas diketahui bahwa nilai probabilitas signifikansi (Sig.) = 0,000. Ini berarti nilai Sig <nilai α (0,000 < 0,05). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pembiasaan sholat berjamaah terhadap Religious Culture Pada siswa di SMKN 39 Jakarta, hal ini terbukti dari nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (8,135>1,975). Demikian juga dengan taraf signifikansi (p-value), pada tabel di atas diketahui bahwa nilai probabilitas signifikansi (Sig.) = 0,000. Ini berarti nilai Sig <nilai α (0,00< 0,05). Secara simultan diketahui nilai F hitung sebesar 49,192, dan dengan taraf signifikansi (pvalue), 0,000. Ini berarti nilai Sig <nilai α (0,000 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa Internalisasi Nilai-Nilai PAI (X1) dan Pembiasaan sholat berjamaah (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Religious Culture (Y). Hasil analisis Koefesien Determinasi diketahui bahwa pengaruh antara Internalisasi Nilai-Nilai PAI (X1) dan Pembiasaan sholat berjamaah (X2) terhadap Religious Culture (Y) diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,381. Ini memberi arti bahwa sekitar 38,1% variasi yang terjadi pada Religious Culture pada siswa di SMKN 39 Jakarta dapat dijelaskan oleh Internalisasi Nilai-Nilai PAI dan Pembiasaan sholat berjamaah
Description: xvi. 79
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47035
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
TESIS BURHANUL MUTTAQIN (watermark).pdf18.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.