Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47027
Title: Pengaruh kecerdasan emosi, dukungan sosial, dan rasa syukur terhadap penerimaan orang tua pada anak dengan kebutuhan khusus
Authors: Anissa Fitria
Advisors: Abdul Mujib
Keywords: kecerdasan emosi;dukungan sosial;rasa syukur;penerimaan orang tua;anak kebutuhan khusus
Issue Date: 31-Jan-2019
Publisher: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penerimaan diri adalah pemberian cinta tanpa syarat sehingga penerimaan orang tua terhadap anaknya tercermin melalui adanya perhatian yang kuat, cinta kasih terhadap anak, serta sikap penuh kebahagiaan untuk terlibat dalam mengasuh anak. Bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, sangat mungkin terjadi penolakan dalam diri orang tua untuk menyadari keadaan yang dialami anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi, dukungan sosial, dan rasa syukur terhadap penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus berjumlah 210 orang. Pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu accidental sampling. Alat ukur yang digunakan terdiri dari alat ukur yang dikonstruk berdasarkan dimensi penerimaan diri dari Johnson dan Medinnus (1969), dimensi kecerdasan emosi dari Goleman (2005), dimensi dukungan sosial dari Sarafino (2011), dan dimensi rasa syukur dari Mujib (2017). CFA (Confirmatory Factor Analysis) digunakan untuk menguji validitas alat ukur dan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis mayor, disimpulkan terdapat pengaruh signifikan kecerdasan emosi, dukungan sosial, dan rasa syukur terhadap penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dengan R-square 41,1 %. Berdasarkan hasil uji hipotesis minor terdapat tiga variabel yang signifikan, yaitu kecerdasan emosi dengan pengaruh positif, rasa syukur dengan pengaruh positif, dan tingkat pendidikan dengan pengaruh positif terhadap penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.
Description: xiii, 66 hlm. ; 29 cm.
metadata.dc.description.uri: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/submit#dc_subject
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47027
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ANISSA FITRIA-FPSI.pdf1.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.