Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47023
Title: Hubungan Antara Nilai Overactive Bladder Symptom Score (OABSS) Dengan Stres, Depresi, Dan Kecemasan Pada Mahasiswa/Wi Preklinik Program Studi Kedokteran (PSKed) Yang Menderita Overactive Bladder (OAB)
Authors: Romi Rhomadhon
Advisors: Nouval Shahab
Dwi Tyastuti
Keywords: Overactive bladder (OAB);Mahasiswa;Fakultas Kedokteran;Overactive Bladder Score Symptoms (OABSS).;Depression;Anxiety and Stress Scales-42 (DASS-42)
Issue Date: 22-Oct-2018
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta-FK
Abstract: Prevalensi overactive bladder menurut ICS menunjukan dengan populasi sebanyak 2.418 kasus dengan rentang usia antara 20-91 tahun ditemukan sebanyak 496 kasus mengalami overactive bladder pada usia 20-29 tahun. Sedangkan menurut World Health Organization (WHO), prevalensi stress masih sukup tinggi dimana hampir dari 350 juta penduduk dunia mengalami stress dan merupakan penyakit dengan peringkat ke-4 di dunia, sementara itu The Anxiety and Depression Assosiation of America menuliskan bahwa gangguan kecemasan dan depresi di derita oleh 40 juta populasi orang dewasa di amerika serikat pada usia lebih 18 tahun. Seperti penelitian Henry Lai bahwa pengaruh stress, depresi, dan kecemasan bisa meningkatkan keparahan pada penderita OAB. Tujuan: Mengetahui hubungan antara OABSS dengan stress, depresi, dan kecemasan pada penderita OAB. Metode: Penelitian ini menggunakan desain analitik cross sectional. Sampel penelitian ini sebesar 119 responden dengan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, kuesioner yang diberikan yaitu Overactive Bladder Score Symptom (OABSS) yang telah tervalidasi, serta kuesioner Depression, Anxiety and Stress Scales-42 (DASS-42) dan analisis data menggunakan uji Non Parametric Mann Whitney. Hasil: Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara OABSS dengan stress, depresi, dan kecemasan pada penderita OAB (p = 0.417, 0.223, 0.352). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara OABSS dengan stress, depresi, dan kecemasan pada penderita OAB.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47023
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ROMI RHOMADHON-FK.pdf3.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.