Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47015
Title: Analisis Framing Pemberitaan Kenaikan Kurs Dolar Pada Detik.Com
Other Titles: --
Authors: Irna Syahputri
Advisors: Rubiyanah, MA
Keywords: Berita, Kenaikan Dolar, Detik,;Framing, Konstruksi Media
Issue Date: Apr-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam negeri Syarif Hidayatullahi Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Analisis Framing Pemberitaan Kenaikan Kurs Dolar pada Detik.com Kenaikan kurs dolar yang membuat rupiah melemah semakin ramai di berbagai media. Hal tersebut disebabkan oleh perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok mengalami defisit atau kekurangan yang dampaknya cukup besar bagi AS. Perkembangan terakhir nilai tukar rupiah turun menjadi 14.157 rupiah per dolar AS pada April 2019. Berita mengenai kenaikan dolar terhadap rupiah tersebut sangat menjadi perhatian masyarakat. Detik.com merupakan portal media online tercepat dalam meluncurkan pemberitaan mengenai kenaikan dolar dan juga aktif memberikan pemberitaan pada isu tersebut. Setiap hari jurnalis berhadapan dengan beragam peristiwa dengan berbagai pandangan dan kompleksitasnya. Lewat frame, jurnalis mengemas peristiwa yang kompleks itu menjadi peristiwa yang dapat dipahami, dengan perspektif tertentu dan lebih menarik perhatian khalayak. Laporan berita yang akhirnya ditulis oleh wartawan pada akhirnya menampilkan apa yang dianggap penting, apa yang perlu ditonjolkan, dan apa yang perlu disampaikan oleh wartawan kepada khalayak pembaca. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penelitian dilakukan untuk menjawab pertanyaan bagaimana framing pemberitaan kenaikan dolar dan konstruksi pada berita tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan paradigma konstruktivisme. Metode analisis yang digunakan adalah framing Robert N. Entman dan Teori Konstruksi Realitas Sosial. Terdapat empat elemen dalam framing Robert N. Entman, yaitu Define Problems, Diagnose Causes, Make Moral Judgement dan Treatment recommendation. Empat elemen tersebut menjadi alat bagi penulis untuk memahami bagaimana media mengemas peristiwa dengan strategi menentukan masalah, mendiagnosis penyebab, membuat penilaian moral, dan menyarankan tawaran. Dengan demikian dapat terlihat cara yang digunakan oleh media untuk menonjolkan pemaknaan dalam suatu peristiwa. Dalam pemberitaan kenaikan kurs dolar ini, strategi pembingkaian Detik.com ini lebih menonjol pada elemen causal interpretation/diagnose causes yang mengharapkan pembaca dapat fokus kepada apa penyebab terjadinya pergolakan ekonomi di Indonesia. Dengan hal ini, penulis menyimpulkan bahwa Detik.com melakukan konstruksi sosial dengan berbagai cara yang ditemukan melalui elemen-elemen analisis framing Robert N. Entman bahwa konstruksi yang dibuat oleh Detik.com dilakukan melalui strategi, yaitu konsep akutualisasi menjadi pertimbangan utama sehingga pembaca merasa tepat waktu dalam memperoleh berita. Hal ini termasuk pada tahapan sebaran konstruksi dalam teori Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Selain itu, Detik.com juga berupaya untuk mengkonstruksi pikiran pembaca dengan menganggap penting peristiwa kenaikan dolar tersebut. Kata Kunci: Berita, Kenaikan Dolar, Detik, Framing, Konstruksi Media
Description: x, 61 hlm,; 26 cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47015
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
IRNA SYAHPUTRI-FDK.pdf1.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.