Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46998
Title: Pengaruh big-five personality, konformitas, dan faktor demografi terhadap perilaku pembelian impulsif dalam berbelanja online pada wanita
Authors: Dewi Amelia
Advisors: Akhmad Baidun
Keywords: big-five personality;konformitas;faktor demografi;online;online
Issue Date: 27-Mar-2019
Publisher: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Perilaku pembelian impulsif diterapkan individu untuk membeli suatu jenis produk dengan alasan di luar kebutuhannya, seperti untuk mengurangi suasana hati yang tertekan, untuk mengekspresikan identitasnya, atau hanya untuk bersenang-senang. Pembelian impulsif dapat disebabkan juga karena adanya dorongan dari lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur dampak dari kemajuan teknologi saat ini, serta untuk membuktikan adanya pengaruh personality big-five, konformitas, dan demografi terhadap perilaku pembelian impulsif berbelanja online pada wanita. Populasi dalam penelitian ini merupakan wanita dari tingkat usia dan pendapatan yang berbeda. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan sampel sebanyak 228 responden. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data dengan skala model Likert untuk mengukur keseluruhan variabel. Kuesioner yang digunakan adalah Skala Impulsive Buying Tendency (IBT) untuk mengukur variabel perilaku pembelian impulsif, Skala Big-Five Inventory (BFI) untuk mengukur variabel Big-Five Personality dan Conformity Scale (CS) untuk mengukur variabel konformitas. Kuesioner disebarkan secara online yang bersifat daring dengan menggunakan non-probability sampling technique, yakni convenience sampling. Pengujian CFA (Confirmatory Factor Analysis) dilakukan guna menguji validitas tiap-tiap item kuesioner, sedangkan analisis data untuk uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil yang diperoleh menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Big-Five Personality, konformitas, dan demografi terhadap perilaku pembelian impulsif dengan sumbangan nilai sebesar 12,2%. Secara rinci dijelaskan bahwa dimensi yang berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif adalah Neuroticism, dan konformitas, sedangkan dimensi lainnya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menggunakan independent variabel lain di luar penelitian ini yang didasarkan dengan penelitian sebelumnya, seperti, persepsi (perception). Pengambilan sampel juga disarankan untuk dapat membandingkan antara pria dan wanita. Temuan dari penelitian ini menyadarkan banyak pihak untuk menghindari sifat boros yang dimulai dari diri sendiri, dan juga tidak mudah untuk terpengaruh oleh dorongan kelompoknya untuk membeli suatu barang.
Description: xiii, 72 hlm. ; 29 cm.
metadata.dc.description.uri: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/submit#dc_subject
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46998
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DEWI AMELIA-FPSI.pdf5.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.