Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46987
Title: Pengaruh pendekatan pembelajaran aktif terhadap motivasi belajar matematika siswa
Authors: Azizah
Advisors: Muhlisrarini
Issue Date: 15-Jan-2008
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Berdasarkan hasil penelitian dari data-data yang diperoleh, didapat skor rata-rata (mean) motivasi belajar siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran aktif 12,24. Sedangkan rata-rata (mean) motivasi belajar siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran konvensional 11,2. Dari hasil perhitungan dengan uji “t” diperoleh harga t hitung = 3,49 sedangkan t tabel = 2,01. Jadi t hitung > t tabel maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran aktif dan siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Dengan demikian penelitian ini telah berhasil membuktikan bahwa pendekatan pembelajaran aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional.
Description: 99 hal
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46987
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
AZIZAH-FITK.pdf462.48 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.