Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46752
Title: Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurun Najah 2 Rengas Ciputat Tangerng Selatan melalui kegiatan partisipatory
Authors: Gelar Dwirahayu
Keywords: partisipatory;madrasah ibtidaiyah;hasil belajar matematika
Issue Date: Apr-2015
Publisher: Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Abstract: Empat kompetensi yang harus dikuasai guru menurut Undang-undang RI nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen yaitu kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional. Kompetensi professional dan kompetensi pedagogic merupakan keterampilan yang berkaitan dengan proses pembelajaran di kelas dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Tidak sedikit guru yang mengalami kesulitan dan menghadapi banyak hambatan dalam meningkatkan kompetensinya khususnya pedagogis dan professional. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu guru adalah melalui bentuk kerjasama yang disebut dengan participatory action research, kerjasama ini bertujuan untuk (1) Mengimplementasikan teori belajar dan pembelajaran matematika di kelas; (2) Membantu guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran matematika; (3) Mengembangkan inovasi pembelajaran matematika; dan (4) Melakukan kerjasama pengembangan pendidikan antara Perguruan Tinggi dan Sekolah/Madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kegiatan participatory action research di MI Nurun Najah 2 Rengas Ciputat memberikan dampak positif terhadap kegiatan pembelajaran matematika, khususnya peningkatan pemahaman siswa baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotor pada pelajaran matematika.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46752
ISSN: 1798-8002
Appears in Collections:Artikel



Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.